SD Madaniah Makassar, Juara I Lomba Robologee 2021 Indonesian Smart Family

181
Palawa Aulia Muhammad (Al) kiri, bersama sang Paman Dr. Sawedi

EDUKASI||Legion-news.com Kembali dunia pendidikan di Sulawesi Selatan menoreh prestasi, sebut saja Palawa Aulia Muhammad (Al) diusia masih 12 tahun, dapat memberikan kejutan.

Kabar menggembirakan hari ini, Ia berhasil menjadi juara I dalam “Coding online Competition Robologee 2021 Indonesia SMART FAMILY” untuk kategori menggunakan SCRATCH. Lomba ini diadakan oleh Robologee Indonesia, Kompas-Gramedia Group. Sub tema Life on Land & Life Below Water.

Tema ini melindungi, memulihkan dan mempromosikan penggunaan ekosistem darat secara berkelanjutan serta menghentikan dan membalikkan degradasi lahan dan menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati.

Melestarikan secara berkelanjutan dan menggunakan samudera laut dan sumber daya kelautan untuk pembangunan berkelanjutan. Kriteria penilaian games adalah ide, keaslian, interaktif dan kreativitas, user experience, design and sound, moral of the story dan complexity, depth of coding and readable code.

Pesertanya dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia dan dipilih masing-masing 10 peserta finalist berdasarkan kategori Animasi dan Games. 10 peserta ini diberi kesempatan oleh Dewan Juri untuk mempresentasikan karyanya.

Dari 10 peserta finalist untuk kategori Games, Palawa dinyatakan sebagai peserta terbaik dan mendapatkan juara I. Palawa diganjar hadiah sebesar Rp. 850.000. Saat ditanya, mau diapakan hadiahnya, Palawa hanya tertawa dan menjawab singkat, “Yang penting bukan hadiahnya, tapi penghargaannya”. Palawa saat ini duduk di kelas 6 SD Madaniah, Makassar.

Ide ceritera dari games yang dibuatnya adalah murni imajinasi seorang Al. Ia ingin menunjukkan bahwa kehidupan daratan dan lautan bisa terintegrasi sebagai sebagai taman nasional yang diberi nama “Moxie National Park”.

Taman Nasional ini menawarkan dua pilihan atraksi bagi pengunjungnya. Bagi yang tertarik melihat binatang seperti gajah, jerapah, singa, badak dll akan diantar dengan jemputan khusus berupa bus ramah lingkungan. Sementara yang ingin melihat kehidupan bawa laut akan diantar di pantai untuk menikmati scuba diving. Di sana pengunjung akan melihat berbagai biota laut yang sangat menawan seperti squid, penyu, karang, ikan nemo dan lain lain

Imajinasi Al dituangkan kedalam sebuah karya games yang ingin menyampaikan pesan moral agar hewan di darat dan di laut harus dilindungi dan mereka tidak dikandangkan.

Mereka harus lestari di lingkungan dan ekosistemnya agar generasi sekarang dan generasi berikutnya dapat menikmati keindahan dari binatang tersebut tanpa mengganggu habitatnya. Selamat Al, semoga terus berprestasi di masa mendatang. (Ln)

Advertisement