Michael McAllister: Aturan Maritim Baru China ‘Sangat Memprihatinkan’

Formasi angkatan laut China, termasuk kapal induk Liaoning (tengah), selama latihan militer di Laut China Selatan, pada 2 Januari 2017. (STR/AFP via Getty Images)
Advertisement

Kepala Penjaga Pantai Pasifik AS Mengatakan Aturan Maritim Baru China ‘Sangat Memprihatinkan’ Minggu, 5 September 2021

Oleh: Frank Fang,
Diterjemakan oleh
Admin Legion-news.com

LEGION-NEWS, Pasific – Wakil Laksamana Michael McAllister, komandan tertinggi Penjaga Pantai AS di Pasifik, baru-baru ini mengatakan persyaratan pelaporan maritim baru China “sangat memprihatinkan” dan melanggar “perjanjian dan norma internasional.”

Faktanya, McAllister menambahkan, jika China memilih untuk menegakkan persyaratan, itu akan “mulai membangun fondasi untuk ketidakstabilan dan potensi konflik.” Dia mengungkapkan keprihatinannya selama konferensi pers pada 3 September.

Advertisement

Kapal asing yang memasuki apa yang dianggap Beijing sebagai “perairan teritorialnya” akan diminta untuk melaporkan informasi rinci mereka—termasuk nama kapal, tanda panggilan, panggilan pelabuhan terakhir dan berikutnya, dan posisi saat ini—ke Administrasi Keselamatan Maritim China, menurut pemberitahuan badan tersebut yang dikeluarkan pada 27 Agustus. Persyaratan pelaporan mulai berlaku pada 1 September.

Persyaratan tersebut akan berlaku untuk empat jenis kapal asing yang berbeda—kapal selam, kapal nuklir, kapal yang membawa bahan radioaktif, dan kapal yang membawa minyak curah, bahan kimia, gas cair, dan zat beracun dan berbahaya lainnya. Kapal asing lainnya yang “dapat membahayakan keselamatan lalu lintas maritim China” juga akan tunduk pada persyaratan yang sama.

Persyaratan pelaporan adalah bagian dari Undang-Undang Keselamatan Lalu Lintas Maritim China yang baru, yang juga mulai berlaku pada 1 September. Undang-undang tersebut diubah pada bulan April oleh Komite Tetap legislatif China, Kongres Rakyat Nasional.

Di bawah undang-undang baru, Beijing juga dapat memaksa kapal asing yang “mengancam keselamatan perairan internal atau teritorial Republik Rakyat Tiongkok” untuk pergi.

Menanggapi persyaratan maritim baru China, McAllister mengatakan Penjaga Pantai AS akan terus bekerja dengan mitra di wilayah tersebut.

“Kami benar-benar berada di kawasan untuk mendukung mitra utama yang semakin khawatir atas tindakan agresif dan terkadang koersif China, dan kekhawatiran mitra kami dengan kurangnya kemampuan atau kapasitas mereka untuk merespons tindakan tersebut secara memadai,” kata McAllister.

Aturan maritim baru China diperkirakan akan meningkatkan ketegangan regional. Konflik bisa berkobar di Laut Cina Selatan yang disengketakan, Laut Cina Timur, dan Selat Taiwan, tiga perairan yang sering dikunjungi oleh kapal komersial dan militer asing.

Beijing, yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, menganggap seluruh Selat Taiwan sebagai “laut dalam”, dan sering menuduh negara-negara asing yang berlayar melalui selat itu melanggar hukum internasional.

Sementara itu, rezim Tiongkok telah mengadopsi taktik agresif dalam upaya untuk mempertaruhkan klaimnya di Laut Cina Selatan, meskipun Pengadilan Arbitrase Permanen Den Haag memutuskan pada tahun 2016 bahwa klaim teritorial Beijing tidak sesuai dengan Konvensi PBB tentang Hukum Laut. (UNCLOS).

Vietnam, salah satu pemerintah yang menghadapi sengketa wilayah dengan Beijing di Laut China Selatan, meminta China untuk menghormati UNCLOS, dalam sebuah pernyataan sebagai tanggapan terhadap undang-undang maritim baru China.

Pentagon dan Departemen Luar Negeri AS sama-sama menyuarakan kritik mereka; yang pertama mengatakan bahwa undang-undang baru China akan menimbulkan “ancaman serius terhadap kebebasan laut.”

“Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan,” kata Letnan Kolonel Martin Meiners dari Pentagon kepada Stars and Stripes, ketika ditanya tentang dampak potensial dari undang-undang maritim baru China pada operasi Angkatan Laut AS di wilayah.

Armada ke-7 AS secara teratur melakukan operasi kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan dan Selat Taiwan. Baru-baru ini, kapal perusak berpeluru kendali USS Kidd dan penjaga keamanan nasional Penjaga Pantai AS transit melalui Selat Taiwan pada 27 Agustus. Angkatan Laut AS menyatakan transit rutin itu adalah tanda “A.S. komitmen untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

“China sekali lagi menguji komunitas internasional untuk mengukur bagaimana mereka akan bereaksi terhadap pemberlakuan undang-undang maritim lain yang melampaui batas yurisdiksi hukum internasional yang diizinkan, sebagaimana tercermin dalam UNCLOS,” kata Raul AF Pedrozo, profesor hukum internasional di Pusat Hukum Internasional Stockton di US Naval War College, dalam analisisnya.

Dia memperkirakan bahwa Beijing akan menggunakan undang-undang maritim baru untuk “terlibat dalam operasi zona abu-abu di bawah ambang batas konflik bersenjata untuk mengintimidasi tetangganya dan selanjutnya mengikis aturan hukum di laut di kawasan Indo-Pasifik.”

Advertisement