Ini Jawaban Dukcapil dan KPU Sulsel, Soal Dadakan Perekaman KTP-EL untuk Siswa SMA/SMK di Makassar

Ilustrasi KTP
Ilustrasi KTP

LEGIONNEWS.COM – MAKASSAR, Surat edaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) provinsi Sulawesi Selatan jadi perhatian Juru bicara (Jubir) Danny-Azhar, Asri Tadda.

Pasalnya surat edaran perekaman KTP-EL kepada para siswa SMA/SMK tersebut jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Surat dari Disdukcapil Sulsel ini terlihat sangat ‘genit’.” ujar Asri, Kamis (10/10/2024).

“Soalnya diterbitkan di tengah momentum Pilkada meskipun mungkin tujuannya baik untuk memastikan pemilih pemula dapat segera memiliki e-KTP,” terang Jubir Danny – Azhar itu dalam keterangan tertulisnya.

Advertisement

Terkait itu awak media menghubungi narahubung Dukcapil Sulsel, Nasrah. Dia mengatakan perekaman KTP-EL tidak ada hubungannya dengan salah satu atau semua calon kepala daerah.

“Ini tidak ada kaitan dan hubungannya dengan salah satu atau semua calon, ini untuk memudahkan siswa/siswi yang belum melakukan perekaman atau memiliki KTP sebagai pemilih pemula,” ujar narahubung Dukcapil Sulsel itu.

Bahkan katanya minggu pekan lalu selain siswa/siswi SMA dan SMK saat dilakukan perekaman KTP-EL di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Makassar masyarakat umum ikut serta melakukan perekaman kependudukan.

“Minggu kemarin sempat ada selain siswa/siswi tapi dari masyarakat yang kebetulan ada di area CFD ikut melakukan perekaman dan penggantian KTP. Karena foto di KTP nya rusak atau NIK nya sdh tidak jelas karen buran,” imbuh Nasrah.

“Kegiatan ini semata mata untuk mengakomodir siswa/siswi yang bulan Oktober (2024) ini sudah bisa menggunakan haknya memilih, Tetapi terkendala belum memiliki KTP,” terang dia.

Terpisah Komisioner KPU Sulsel, Bidang Data dan Informasi Romi Harminto mengatakan perekaman KTP-EL bagi siswa SMA dan SMK adalah bentuk koordinasi pihaknya dengan Dinas Dukcapil Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Kegiatan ini salah satu bentuk koordinasi yang kami lakukan dengan Dukcapil provinsi Sulsel,” ucap Komisioner KPU Sulsel, Bidang Data dan Informasi ini. Kamis petang.

“Hal ini adalah tindak lanjut dari koordinasi yang kami lakukan dengan menyampaikan kepada siswa siswi yang telah berusia 17 tahun pada tanggal 27 November 2024, Pelaksanaan Pilkada,” katanya jelaskan.

Sementara Kepala Dinas Dukcapil Sulsel, Iqbal Suhaeb mengajak media dan masyarakat dapat memantau kegiatan perekaman KTP-EL itu.

“Nanti saja dilokasi kegiatan sekalian kita pantau langsung,” katanya dalam pesan WhatsApp miliknya. (LN)

Advertisement