SDGs Unpad Selenggarakan National Seminar, Prof. Zuzy Berharap Mengantarkan Indonesia Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Tahun 2030

FOTO: Universitas Padjajaran dan Institut Ekonomi dan Lingkungan Indonesia (EEII), World Agroforestry (ICRAF) menggelar Seminar Nasional di Bale Rumawat Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/01/2023)
FOTO: Universitas Padjajaran dan Institut Ekonomi dan Lingkungan Indonesia (EEII), World Agroforestry (ICRAF) menggelar Seminar Nasional di Bale Rumawat Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/01/2023)

LEGIONNEWS.COM – JAKARTA, Pusat Studi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Universitas Padjajaran dan Institut Ekonomi dan Lingkungan Indonesia (EEII), World Agroforestry (ICRAF) menggelar Seminar Nasional di Bale Rumawat Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/01/2023)

Seminar nasional bertema “Sustainable Upland Production Landscape: Reflections for Advancing Agri-Environmental Policy in Indonesia” dan juga peserta dapat mengikuti melalui online zoom maupun di kanal YouTube SDGs Center Unpad.

Pelaksana seminar menghadirkan pembicara dari Australian National University Prof. Chsistopher Findlay, University of Adelaide Prof. Randy Stringer, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) diantaranya Umi Karomah, Ph.D, Prof. Erwidodo dan Dr. Sumaryanto , Word Angroforestry (ICRAF) Dr. Beria Laimona dan Dr. Betha Lusiana.

Pada pidato pembuka, Direktur SDGs Center Unpad Prof. Zuzy Anna selaku tuan rumah program merasa bangga dapat menyelenggarakan program yang menurutnya luar biasa.

Advertisement

“Saya berharap, SDGs Center Unpad ini tentunya bisa berperan secara strategi untuk mengantarkan Indonesia mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di tahun 2030”, tuturnya dalam seminar nasional tersebut.

Lebih lanjut Prof. Zuzy menyampaikan bahwa SDGs Indonesia khususnya di kampus Universitas Padjajaran adalah lembaga riset multidisiplin terkait SDGs pada skala lokal, nasional, serta global. Dan juga memfasilitasi temuan-temuan riset baik dari universitas maupun partner seperti capasity building, komunitas akademik, kemudian pembuat kebijakan pada level lokal maupun nasional.

“Karena visi kami adalah untuk Indonesia bisa mencapai SDGs tahun 2030 dan misi kami menyediakan Evidence-Based Policy Rekommendations to Achieve SDGs, kami juga memonitor progres-progres pencapaian target SDGs, dan memainstremkan SDGs dalam riset dan kebijakan serta memfasilitasi dialog untuk mencapai SDGs”, lanjutnya.

Menurutnya, dengan demikian kegiatan seminar nasional hari ini adalah salah satu dari aktifitas kami selain dari pada Independent Studies, Publications, Workshops, Trainings, Research Collaboration dan Networking. Dan SDGs Center Unpad telah banyak menghasilkan publikasi seperti buku, jurnal, artikel, paper dan lain lain.

Sebagai informasi kegiatan seminar didukung oleh ACIAR dan bekerja sama dengan Universitas Adelaide, Pusat Studi Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Indonesia (ICASEP).

Seminar ini menyajikan temuan penelitian kolaboratif IndoGreen yang menghasilkan jalur kebijakan alternatif untuk meningkatkan lingkungan pertanian dan kinerja jangka panjang di daerah tangkapan air dataran tinggi. Terakhir, seminar ini diharapkan dapat meringkas pengaruh kebijakan utama untuk mencapai sistem pangan yang berkelanjutan dan aman yang sejalan dengan tujuan tersebut. (**)

Advertisement