Reklamasi Pantai jadi Bahan Disertasi AYP, Untuk Program Doktoral Unpad

JAKARTA||Legion News – Andi Yuslim Patawari lakukan penelitian disertasi, tentang reklamasi teluk Jakarta, Alumni program pasca sarjana Universitas Padjadjaran. Terkait dengan polemik reklamasi teluk Jakarta yang berkepanjangan sampai hari ini belum  ada titik temu antara pengusaha, pemerintah, dan nelayan.

Mantan Ketua DPP KNPI Bidang Kelautan Perikanan, Andi Yuslim Patawari melakukan langkah penelitian disertasi tentang reklamasi pantai di Jakarta Utara

Hal inilah yang mendasari mantan Ketua DPP KNPI Bidang Kelautan Perikanan, Andi Yuslim Patawari melakukan langkah penelitian disertasi tentang reklamasi di utara ibu kota negara Republik Indonesia.

Lanjut, “Sebagai peneliti, saya tidak menganggap reklamasi sebagai sebuah megaproyek yang menjadi polemik sampai hari ini,” ujar mahasiswa yang tengah menyelesaikan Program Doktor di Universitas Padjadjaran Bandung.

Andi Yuslim menjelaskan, penelitian disertasinya yang mengambil judul “Dampak Reklamasi Terhadap Sosial Ekonomi Perikanan di Teluk Jakarta” ini mengedepankan pendekatan ilmu pengetahuan dan melibatkan para pakar di bidangnya. Hasilnya nanti menganalisa dampak positif dan negatif reklamasi teluk Jakarta terhadap nelayan.

Advertisement

“Saya harapkan nantinya hasil penelitian ini akan menjadi rekomendasi kepada semua pihak yang agar ada solusi terbaik dan tepat untuk nelayan yang ada di teluk Jakarta,” pintanya.

AYP akronim dari Andi Yuslim Patawari yang juga mantan Ketua LSP Politani Pangkajene Kepulauan periode 2014-2029, ini telah menyelesaikan Seminar Usulan Riset untuk melanjutkan penelitian sebagai proses akademik mendapatkan gelar doktor di Unpad.

Sudirman Saad selaku pembahas eksternal dalam seminar tersebut pun berpesan, judul desertasi ini harus mencerminkan telaah akademis dan tidak terseret ke dalam polemik yang terjadi.(*)

Advertisement