Prancis Tuding Australia Membatalkan Kesepakatan untuk Kapal Selam Demi Kesepakatan Baru

Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada 19 September membela membatalkan kesepakatan untuk kapal selam Prancis demi kesepakatan baru dengan Amerika Serikat dan Inggris. (Reuters)
Kapal selam Angkatan Laut Australia HMAS Rankin terlihat selama latihan maritim dua tahunan antara Angkatan Laut Australia dan Angkatan Laut India pada 5 September 2021, di Darwin, Australia. (Gambar Getty)

Oleh: Rachel Pannett untuk The Washitong Pos
Diterjemahkan: admin legion news

LEGION NEWS.COM, SYDNEY  Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka memiliki kekhawatiran “dalam dan serius” tentang kapal selam bertenaga diesel yang direncanakan untuk dibeli dari Prancis – dan bahwa Paris tahu itu jauh sebelum Canberra tiba-tiba membatalkan kesepakatan demi berbagi nuklir. teknologi kapal selam dengan Amerika Serikat dan Inggris.

Morrison menolak kritik dari Prancis bahwa Australia meninggalkan negara itu dalam kesulitan dengan secara diam-diam merundingkan pakta tiga negara baru, yang disebut AUKUS, bahkan ketika dia mengakui memberi tahu Prancis tentang kesepakatan baru hanya pada hari itu diumumkan.

“Saya pikir mereka akan memiliki banyak alasan untuk mengetahui bahwa kami memiliki kekhawatiran yang mendalam dan serius bahwa kemampuan yang diberikan oleh kapal selam Kelas Serang tidak akan memenuhi kepentingan strategis kami,” kata Morrison.

Advertisement

Prancis menarik duta besarnya dari Australia dan Amerika Serikat—dan mengecam “pengkhianatan” Australia—dalam keributan yang telah meningkatkan ketegangan di antara sekutu.

Di bawah kesepakatan sebelumnya senilai $66 miliar dengan Paris, ditandatangani pada 2016, Australia akan membeli 12 kapal selam bertenaga diesel Prancis.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengatakan Australia memberitahu Paris tentang rencananya hanya satu jam sebelum pengumuman oleh tiga pemimpin hari Rabu.

Juru bicara pemerintah Prancis Gabriel Attal mengatakan kepada televisi Prancis pada hari Minggu bahwa Biden telah meminta percakapan telepon dengan Presiden Emmanuel Macron dan bahwa pertukaran itu diperkirakan akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang.

Sementara Morrison sebelumnya mengatakan dia telah memperingatkan Macron tentang masalah dengan kontrak Prancis selama kunjungan ke Paris pada bulan Juni, seorang pejabat diplomatik Prancis pada hari Jumat membalas bahwa dalam pertemuan mereka, Australia hanya bertanya apakah kapal selam Prancis masih memadai untuk lingkungan ancaman yang berubah.

Menteri Pertahanan Australia, Peter Dutton, juga membela penanganan negaranya atas kontrak kapal selam Prancis pada hari Minggu, menggambarkan pemerintahnya sebagai “muka, terbuka dan jujur” tentang keprihatinannya dengan kesepakatan itu. Dia mencatat dinamika keamanan yang berubah di kawasan Indo-Pasifik, di mana dia mengatakan “China memompa kapal selam dan fregat dan kapal induk dengan kecepatan tinggi.”

“Kami dapat memahami, tentu saja, Prancis kesal dengan pembatalan kontrak, tetapi pada akhirnya, tugas kami adalah bertindak demi kepentingan nasional kami,” kata Dutton kepada Sky News. Rick Noack di Paris berkontribusi pada laporan ini.

Advertisement