Pertahankan Budaya Daerah, Masyarakat Desa Pationgi di Bone Laksanakan Pesta Panen ke 34

812
FOTO: Kegiatan panen raya dan peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Masyarakat desa Pationgi, Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.
FOTO: Kegiatan panen raya dan peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Masyarakat desa Pationgi, Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

LEGION NEWS.COM, BONE – Masyarakat Desa Pationgi kembali melaksanakan pesta panen ke 34 setelah satu tahun lalu tidak digelar karena Pandemik. Pesta panen ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 20 – 21 Oktober 2021 dengan berbagai jenis kegiatan.

Kegiatan pada hari pertama adalah pendirian tenda antar dusun, peringatan maulid Nabi Besar Muhammmad SAW dan makan bersama Kue tradisional sampai pada hari terakhir kegiatan pada hari Jumat 21 Oktober 2021, Puncak dari dari acara panen raya dilakukan penyembelihan 2 ekor sapi, Manre Ade (makan adat) masyarakat sebutkan makan bersama beserta hiburan.

Masyarakat dihiburi Maggendrang, Mappadekko masing-masing dusun.

Dalam laporannya Irfan selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa pesta panen ini, merupakan kegiatan adat istiadat di Desa Pationgi juga sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas perjuangan para petani mulai dari menanam benih padi sampai ia memetik, yang dalam prosesnya terdapat berbagai macam masalah dari kesulitan mendapat pupuk bersubsidi, hama, sampai pada kesulitan dalam menjual padi tapi petani desa Pationgi berhasil melalui dengan penuh perjuangan.

Advertisement

Turut hadir dalam kegiatan ini Ibu Sekertaris Kecamatan, Danramil, Kapolsek, Kepala KUA, Pimpinan Pertanian Kecamatan Patimpeng, serta anggota DPRD kabupaten Bone dan aparat desa Pationgi beserta beberapa tamu undangan lain.

Muh. Tola selaku kepala Desa Pationgi menyampaikan bahwa pesta panen ini digelar sebagai bentuk persatuan antar masyarakat desa Pationgi yang dibuktikan dengan digelarnya berbagai macam kegiatan mulai dari kegiatan Ketangkasan bermotor dan pertandingan persahabatan sepak bola yang mayoritas di ikuti oleh pemudah, tarik Tambang, antar dusun yang di ikuti oleh Ibu-Ibu sampai pada kegiatan kegiatan berupa permainan Tradisional untuk tingkat SMP, SD massallo dan kegiatan lainnya kata pak Muh. Tola

Danramil selaku pihak keamanan mengingatkan kepada masyarakat jangan sampai dengan acara semeriah ini kita nodai dengan prilaku prilaku tidak terpuji, maka dari itu silahkan bekerja sama untuk menyukseskan acara pesta panen ke 34 ini. (TW)

Advertisement