Peringatan International Youth Day, Alumnus Magister Manajemen Kepemudaan Unhas ini Menjadi Pembicara Forum Internasional

Advertisement

MAKASSAR, Legion-news Peringatan International Youth Day Tahun 2021 yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus. International Republican Institute (IRI) menggelar kegiatan Diskusi Virtual dalam rangka memperingati momentum tersebut, Kamis (12/08/2021).

Kegiatan yang bertemakan “The Roles of The Youth in Preventing the State From Failing Into Foreign Debt Trap Diplomacy” menghadirkan pembicara dari negara Srilanka dan Indonesia. Pesertanya pun berasal dari pemuda di beberapa negara di ASEAN dan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Amul Hikmah Budiman, selaku Direktur Eksekutif Saoraja Institute salah seorang pemuda yang dipercaya dari Indonesia untuk menjadi pembicara pada forum tersebut. Amul yang juga merupakan alumni dari Emerging Leaders Academy (ELA) yang pernah dilaksanakan oleh International Republican Institute (IRI) turut memberikan pandangannya seputar bagaimana peranan dan kondisi pemuda hari ini dalam penguatan demokrasi dan jebakan utang luar negeri.

“Alhamdulillah, suatu kesyukuran dipercaya untuk memberikan pandangan pada forum regional ASEAN ini. Saya memberikan pandangan bagaimana kerawanan kondisi utang luar negeri Indonesia hari ini yang dapat mengancam kedaulatan demokrasi kita serta bagaimana upaya preventif kaum muda menyikapinya,” Ungkap Magister Manajemen Kepemudaan Unhas tersebut.

Advertisement

Sekitar 200-an peserta yang hadir dalam diskusi virtual tersebut. Peserta yang hadir merupakan berasal dari berbagai latar belakang warna politik, organisasi, dan profesi.

“Momentum ini sangat baik untuk kembali menyuntikkan suplemen gagasan dan semangat kepada teman-teman muda untuk melakukan gerakan dan kolaborasi dalam rangka menyehatkan negeri ini dari berbagai jebakan utang luar negeri dan kuasa asing.” Tutup Pemuda asal Maros tersebut.

Advertisement