Pasca Debat Pengamat Nilai Pasangan Kacamatayya Unggul dalam Pemaparan Visi dan Misi

Advertisement

BULUKUMBA||Legion News – Pasangan nomor urut 3 di Pilkada Bulukumba, Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau merupakan salah satu paslon yang tampil beda dalam debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Jumat (6/11/2020).

Pasangan yang akrab disapa Kacamatayya memiliki perbedaan tersendiri diantara kontestan lainya ,itu disebabkan karna Tomy Punya pengalaman lima tahun menjabat wakil bupati di kabupaten bulukumba dan Pastinya visi dan misi berdasar pada pengalamanya selama memimpin kabupaten bulukumba tentunya paham betul kebutuhan masyarakat hari ini.

Pengamat politik sulsel Dr.Abdi mengatakan bahwa visi dan misi hakikatnya adalah konsep niat dari para calon. Pemaparan atau ekspose visi misi ke publik itu tidak semata-mata sebuah seremoni pengguguran tahapan pilkada, tapi lebih jauh dari itu akan menjadi ajang uji potensi dan kompetensi para calon, walaupun dalam durasi waktu yang relatif singkat.

Terkait hal tersebut performance atau penampilan Calon saat pemaparan visi dan misi dalam debat bisa menjadi salah satu indikator yang mendapat respon electoral secara positif atau mungkin juga berefek negatif bagi pemilih.

Advertisement

Hal ini dapat ditinjau dalam hal Penguasaan konten teks, yang bisa dilihat dari kemampuan calon menguasai materi dengan ekspresi dan gesture tubuh yang terlihat tenang, rileks, dengan bahasa verbal dan non verbal yang lancar, menarik dan membuat yang melihatnya menjadi kagum kepada calon tersebut dan Kompilasi konteks empirik, yaitu kemampuan calon mengelaborasi visi misinya dalam format realitas sehingga pemilih mampu menangkap dengan cepat bentuk nyata dan terwujud secara rasional apa yang disampaikan oleh calon.

Melalui pemaparan visi misi calon menjadi sangat penting bagi perhelatan pilkada, bukan berarti menafikan paslon yang ada, akan tetapi bekal pengalaman pernah memimpin bulukumba saya rasa menjadi modal besar dalam meramu hasil visi dan misi tersebut. Dari pasangan calon yang ada, mereka yang memahami betul apa yang diinginkan masyarakat hari ini, respon ini tanpa mengecualikan pasangan yang lain, Semuanya punya kompetensi, semoga masyarakat bisa menilai siapa yang lebih pantas memimpin bulukumba dari ke empat kandidat tersebut.(Anas)

Advertisement