OPINI: Renungan Perayaan 17 Agustus Ditengah Pandemi Covid-19

120

Renungan Perayaan 17 Agustus ditengah Pandemi Covid-19

Penulis: H. Makmur Idrus, Mantan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Pemprov SulselĀ 

Tanggal 17 Agustus, masyarakat di seluruh Indonesia selalu memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Berbagai upacara digelar untuk memperingati tanggal proklamasi pertama kali dibacakan. Selain itu, perayaan 17 Agustus juga dimeriahkan dengan lomba-lomba di antaranya panjat pinang, balap karung, hingga makan kerupuk, namun berbeda dengan tahun sebelumnya mungkin ini yang pertama dalam sejarah peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 75 dalam suasana pandemik Covid19, semuanya diatur ptotocol kesehatan

Namun semangat perayaan 17 Agustus kali ini harus memiliki filosofi dan sejarah yang terkandung didalamnya, Sayangnya tak banyak masyarakat yang bisa mengikuti dan menyemarakkannya.

Perlombaan perayaan 17 Agustus di kota-kota saat ini mulai tergerus seiring lahan untuk penyelenggaraan lomba semakin sempit juga keadaan yang tidak memungkinkan dilaksanakan Akibatnya, taksedikit daerah yang urung melaksanakan perayaan lomba tersebut. Padahal, lomba tahunan tersebut sudah menjadi tradisi Inonesia atau identitas negara kita. (**)

Advertisement