Liga BRI 1 Rencana Bakal Diujicobakan Menghadirkan Penonton Secara Terbatas

FOTO: Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali
FOTO: Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali

LEGION NEWS.COM – Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mewacanakan kehadiran penonton dalam pertandingan BRI Liga 1.

Wacana kehadiran penonton dalam pertandingan BRI Liga 1 musim ini semakin dekat dengan kenyataan.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan rencana uji coba kehadiran penonton secara terbatas masih terus dimatangkan.

Amali menyatakan bahwa satu syarat wajib harus dipenuhi untuk menggelar pertandingan dengan penonton. Syarat tersebut adalah stadion yang akan digunakan harus memiliki fasilitas kursi perorangan (singleĀ seat).

Advertisement

ā€œSedang dimatangkan dan stadion dalam penerapan uji coba kehadiran penonton ini harus yang single seat,ā€ kataĀ Amali dalam konferensi pers virtual dari Kemenpora, Jakarta, Kamis, 18 November 2021.

Menurut Menpora Amali, tribun stadion yang memiliki fasilitas kursi perorangan ini dapat mendukung penerapan protokol kesehatan. Penonton yang hadir langsung menyaksikan pertandingan nantinya bisa menjaga jarak.

ā€œSaya harap ini bisa diterapkan nantinya ya. Kenapa yang harus single seat, karena nanti bisa diatur jarak antara penontonnya dengan memberi tanda silang pada kursi,ā€ ujar Amali.

Zainudin AmaliĀ yang merupakan olitikus partai GolkarĀ juga menyatakan siap memfasilitasi rapat koordinasi antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan Polri, Kemenkes, BNPB, maupun Satgas Penanganan Covid-19.

ā€œKalau PSSI sudah siap dan jika ingin ada pertemuan atau rapat koordinasi dengan Polri, satgas dan pihak terkait lainnya untuk membahas hal ini, saya akan komunikasikan,ā€ kata dia.

Kompetisi BRI Liga 1 saat ini memang digelar dengan stadion tanpa penonton. Hal itu tak lepas dari kekhawatiran pemerintah akan terjadinya penularan Covid-19 jika penonton diperbolehkan datang langsung dan menimbulkan keramaian.

Pemerintah pusat sebenarnya sudah melonggarkan statusĀ  PemberlakuanĀ Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi levelĀ 1 di berbagai daerah di Indonesia. Dengan PPKM levelĀ 1 itu, kegiatan yang melibatkan orang banyak seperti konser, pernikahan dan lainnya sudah diperbolehkan meskipun tetap harus mendapatkan izin dari pemerintah daerah setempat.

Meskipun demikian, hingga saat ini pertandingan olahraga level nasionalĀ seperti ajang BRI Liga 1 atau pun level internasional seperti turnamen Indonesia MastersĀ 2021 yang sedang berjalan di Bali masih belum diizinkan untuk mengisi venue dengan penonton.

Di ajang BRI Liga 1 sendiri, saat ini terdapat sejumlah stadion yang telah memiliki kursi perorangan, seperti Stadion Si Jalak Harupat di

Bandung,Ā StadionĀ PakansariĀ Bogor, StadionĀ Manahan Solo dan lainnya. Stadion yang memiliki kursi tunggal ini tentunya juga akan memudahkan penyelenggara pertandingan dalam merancang posisi duduk penonton. [Tempo]

Advertisement