Lambatnya Pelayanan Damkar, DPRD Tana Toraja Serap Aspirasi GMNI Makale

Advertisement

LEGION-NEWS, TANA TORAJA – Badan Pengurus Cabang (BPC) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Makale audiensi bersama DPRD Tana Toraja. Hal ini dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi antar legislatif dan pemuda, Selasa (24/5/2022).

Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi menyambut langsung rombongan BPC GMKI Makale di ruang kerjanya di DPRD Tana Toraja.

Yosi selaku Ketua Cabang GMKI Makale menyampaikan beberapa permasalahan, salah satunya terkait penanganan kebakaran. Kata dia, Damkar kerap terlambat ke lokasi kebakaran sehingga penanganan sering mengalami keterlambatan.

“Persoalan kebakaran yang sering kali terjadi di beberapa daerah, masalahnya adalah kadang kali terjadi keterlambatan penanganan akibat keterlambatan pemadaman dari pihak Damkar. Akibatnya, kebakaran sudah membesar ataupun telah habis terbakar baru Damkar tiba dilokasi,” ujarnya.

Advertisement

Kata dia, perlu ada solusi dari Pemerintah terkait permasalahan jarak Damkar ke seluruh wilayah di Tana Toraja seperti penambahan armada dan Damkar ada di tiap Kecamatan.

“Usulan solusi GMKI Cabang Makale adalah menamba armada mobil Damkar dan Damkar harusnya ada di tiap Kecamatan,” pungkasnya.

Ia juga menyampaikan soal perbaikan jalan poros Sanggalla’-Batualu dan peningkatan perhatian pada pembangunan daerah tertinggal secara khusus di Simbuang Mappak dan beberapa persoalan lain diingkup Tana Toraja.

Sehubungan dengan pokok-pokok permasalahan yang disampaikan Ketua GMKI Makale, Ketua DPRD Welem Sambolangi’ mengatakan telah mengusulkan 3 unit Damkar perwilayah.

“Persoalan kebakaran juga menjadi perhatian DPRD Tana Toraja dan DPRD telah mengusulkan pengadaan minimal 3 unit Damkar perwilayah dan harus ada penambahan peralatan dan perluas wilayah pelayanan,” ungkapnya.

Sementara untuk perbaikan jalan di Sangalla’ kata Welem, telah dianggarkan di APBD dan akan dilakukan perbaikan.

“Untuk jalan poros Sanggalla’ Batualu, sudah ada di APBD dan akan dilaksanakan peningkatan jalan,” terangnya. (*)

Advertisement