Jurnalis di Papua Dapat Ancaman Bom, AJI Mengecam Keras Aksi itu

FOTO: Pihak kepolisian setempat saat mengolah TKP ancaman bom. (Properti AJI)
FOTO: Pihak kepolisian setempat saat mengolah TKP ancaman bom. (Properti AJI)

MAKASSAR, LEGIONNEWS – Kembali wartawan mendapat ancaman kekerasan di Jayapura, Papua. Victor Mambor, jurnalis pemberitaan Jubi menerima ancaman bom pada Senin pukul 04.00 WIB. Papua Barat.

Dikutip dari website Aliansi Jurnalis Independen Senin 23 Januari 2023. Disebutkan orang tak dikenal melempar bom di dekat rumah jurnalis Jubi Victor Mambor di Kota Jayapura, Papua, pada Senin pukul 04.00 WIB. Provinsi Papua dan Papua Barat adalah wilayah paling berbahaya bagi jurnalis di Indonesia dan Victor Mambor beberapa kali menjadi sasaran.

Bom tersebut meledak sekitar tiga meter dari rumah Victor Mambor di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Victor mengatakan, sebelum terjadi ledakan berdaya rendah, dia mendengar suara sepeda motor berhenti yang terekam CCTV di rumahnya. pemenang dan keluarganya selamat, juga tidak ada kerusakan pada rumahnya.

Sebuah tim polisi telah menyelidiki insiden tersebut di lapangan, mengambil pernyataan Victor dan menemukan bukti ledakan bom tersebut.

Advertisement

Victor adalah pendiri situs berita independen di Papua, Jubi.id. dia telah berulang kali mengalami serangan digital seperti doxing, peretasan, dan pelecehan online. Pada 21 April 2021, mobilnya dirusak oleh orang tak dikenal. Tidak ada pelaku yang pernah ditangkap karena serangan ini.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengecam keras aksi pengeboman tersebut sebagai ancaman kebebasan pers di Papua. AJI mendesak Polri mengusut tuntas para pelaku di balik teror tersebut. aJI mengimbau seluruh jurnalis di Papua untuk tidak gentar dan menyerah menyuarakan kebenaran di tengah berbagai kendala.

AJI Indonesia mencatat 114 kasus kekerasan terhadap jurnalis selama 2000-2021. Sedangkan pada tahun 2022 terjadi empat kasus penyerangan terhadap 7 jurnalis di Papua Barat. (**)

Advertisement