Gerindra Susul NasDem Pertimbangkan Nama Rudal di Pilwalkot Makassar

FOTO: Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS), Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dan Rusdin Abdullah (Rudal) saat bertet di Kediaman Rudal. Selasa malam (17/4)
FOTO: Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS), Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dan Rusdin Abdullah (Rudal) saat bertet di Kediaman Rudal. Selasa malam (17/4)

LEGIONNEWS.COM – MAKASSAR, Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS), Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dan Rusdin Abdullah (Rudal) bertemu membahas situasi politik di Sulsel jelang Pilkada serentak yang akan digelar November mendatang.

Pertemuan berlangsung di kediaman Rudal di Jalan Hertasning, Makassar, pada Selasa (16/04/2024) malam.

Baik NasDem dan Gerindra sama-sama memiliki kursi merata di Sulsel, baik provinsi dan kabupaten/kota. Khusus di provinsi, Nasdem mengunci 17 kursi, sedangkan Gerindra 13 kursi.

Nama Rudal mencuat sebagai bakal calon wali kota Makassar belakangan ini. NasDem sendiri dari awal sudah melirik eks Bendahara Golkar Sulsel itu sebagai salah satu opsi yang bisa diusung di Pilwalkot mendatang.

Advertisement

Hadirnya AIA dalam pertemuan ini menjadi sinyal, bahwa Gerindra juga merilik Rudal. AIA sendiri tak menampik, pertemuan tersebut memang membahas Pilkada serentak yang akan digelar, termasuk Makassar.

“Ya sebagai sahabat, saya dan pak RMS ketemu membahas pilgub, pilbup dan pilwali, (Pilkada Gubernur hingga Wali kota. Kita ngomong-ngomong santai,” kata Iwan Aras pada Rabu (17/04/2024) kemarin.

“Dan Pak Rudal masuk juga radar kami di Pilwalkot Makassar,” tambah AIA, kepada awak media.

Anggota DPR RI ini menuturkan, sebagai sahabat, ia bersama RMS dan Rudal ingin bertukar pikiran dan gagasan melihat konstalasi politik di Sulsel pada November mendatang. Apalagi tahapannya sebentar lagi akan dibuka.

Kata AIA, Rudal merupakan figur eksternal yang patut dipertimbangkan untuk diusung pada pemilihan tersebut.

Pasalnya, Rudal merupakan sosok politisi senior di Sulawesi Selatan dan juga punya jaringan yang luas sebagai pengusaha.

“Tetap kami utamakan kader sendiri. Tapi kalau kader tidak cukup kuat untuk mengangkat elektoralnya. Ngapain kami usung mending cari figur eksternal,” jelasnya.

Kerja sama Rudal, RMS dan AIA pernah terjalin di Pilwalkot Makassar 2020. NasDem dan Gerindra mengusung Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi, dan Rudal ikut membantu pemenangan pasangan ini.

AIA mengaku, belum ada kesepakatan soal nama-nama atau calon yang diusung nantinya, termasuk Rudal. Apalagi ini kan baru tahap penjajakan.

“Saat ini belum kita tetapkan siapa calon, kita hanya sepenuh diskusi siapa yang diusung, kriteria calon yang masuk. Jadi kita masih berbicara tentang kriteria, masih aktif melakukan komunikasi sambil menyusun jadwal bisa saja kadar yang ditunjuk pendaftaran,” bebernya.

Wakil Ketua DPW Nasdem Sulsel Bidang Media, Mustaqim Musma menyampaikan pertemuan tersebut memang membahas peta politik di Sulsel, khususnya di Pilwalkot Makassar. Apalagi ketiganya merupakan sahabat lama.

“Iya, Pak RMS dan Pak AIA bersama Pak Rudal membahas situasi politik di Sulsel, termasuk di Makassar,” kata Taqim.

“Khusus Pak Rudal, sejak awal NasDem siap memberi ruang kepada beliau untuk ikut berkontestasi,” kunci Taqim. (**)

Advertisement