Gerakan Indonesia Membaca Dicanangkan di Bulukumba

89
FOTO: Bupati H.A. Muchtar Ali Yusuf mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca yang berlangsung di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Taccorong. Rabu, (13/10)
FOTO: Bupati H.A. Muchtar Ali Yusuf mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca yang berlangsung di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Taccorong. Rabu, (13/10)
Advertisement

LEGION NEWS.COM, BULUKUMBA – Bupati H.A. Muchtar Ali Yusuf mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca yang berlangsung di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Taccorong. Rabu, (13/10)

Gerakan Indonesia Membaca dilaksanakan atas dukungan dan kerjasama Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Dalam acara tersebut juga dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus Ketua Ikatan Pendidik Indonesia Kabupaten Bulukumba,

Bupati mengukuhkan Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat, Ketua Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Ketua Forum Pendidikan Keaksaraan, Ketua Forum Pendidikan Kesetaraan dan Ketua Bunda Baca Kabupaten Bulukumba

Hadir Pejabat Direktorat
PAUD dan Dikmas DR. Untung, M.Pd mewakili Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, merespon positif kegiatan yang dilakukan dalam berbagai even,

Selain pencanangan juga diantaranya talkshow tentang pengembangan literasi, penyusunan rencana aksi daerah yang melahirkan naskah, serta pendukung kemah literasi, forum PKBM, Forum TBM dan forum penggiat literasi.

Menurut Untung kedepan perlu menyentuh kearifan lokal, ini adalah tantangan kedepan karena Bulukumba adalah gudangnya penggiat literasi.

Lebih jauh Untung menjelaskan Gerakan Literasi dapat berjalan dengan baik melalui sinergi lintas sektor, dan diharapkan gerakan ini dapat menjadi wadah sosialisasi serta membangun komitmen Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan gemar belajar dan gemar membaca atas kerjasama lintas sektor baik lembaga pemerintah, swasta, organisasi sosial, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi keagamaan.

Sementara itu, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya berharap, pencanangan gerakan Indonesia Membaca akan menjadi momentum untuk mengakselerasi perwujudan masyarakat bebas buta aksara, selain itu menstimulasi agar masyarakat dapat berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam rangka membangun peradaban yang lebih maju.

Masyarakat Bulukumba menurut Bupati memiliki keunggulan kompetitif yang harus dikelola dan dioptimalkan sebagai sumber daya pembangunan untuk mendorong kemajuan daerah serta berkontribusi bagi kemajuan bangsa, ujar Bupati.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ahmad Januaris disela- sela kegiatan menuturkan kegiatan yang dilaksanakan 11-13 Oktober 2021, melibatkan berbagai stake holder, termasuk Tim Penggerak PKK. [Kominfo]

Advertisement