Dari Pensiunan Jenderal Bintang 4 Hingga Ustaz Kondang Inisial D Penikmat Korupsi Timah Rp271 triliun

FOTO: Tangkap layar dari kanal YouTube podcast Uya Kuya.
FOTO: Tangkap layar dari kanal YouTube podcast Uya Kuya.
Advertisement

LEGIONNEWS.COM – MAKASSAR, Uya Kuya kembali menayangkan podcast dari Amerika Serikat. Kali ini dia mengundang Sekretaris DPP Indonesia Audit Watch (IAW) Iskandar Sitorus diprogram acaranya itu di kanal YouTube. Selasa 16 April 2024 lalu.

Iskandar Sitorus blak-blakan di acara podcast yang dipandu oleh Uya Kuya, Siapa saja oknum berseragam yang turut menikmati hasil korupsi timah dengan kerugian negara mencapai Rp271 triliun yang belakangan ini
menyeruak.

Dalam kesempatan nya itu Iskandar Sitorus mengungkap sosok oknum bintang 4 inisial B yang disebutnya sebagai bekingan Harvey Moeis dalam kasus korupsi timah.

Iskandar Sitorus menganalogikan bahwa ada oknum yang jauh lebih berkuasa di atas Harvey Moeis, Helena Lim, hingga RBS.

Advertisement

“Kami sebut Helena Lim itu hanya keset kaki,” Di atas keset kaki itu sepatunya Harvey Moeis,” ujar Iskandar.

“Kemudian, Robert Bonosusatya alias RBS bertindak sebagai “kaos kaki” yang berada di atas Harvey Moeis, suami Sandra Dewi. Nah yang jadi kaos kaki itu udah pasti RBS,” ujarnya seperti dilihat dan didengar dalam program podcast yang dipandu oleh Uya Kuya.

Kepada Uya Kuya, Iskandar mengungkapkan bahkan menyebut adanya oknum bintang 4 yang telah pensiunan.

“Ada oknum yang berkuasa, yang sampai punya bintang 4 di pundak, mantan pensiunan, gitu intinya,” kata Iskandar blak-blakan.

Pernyataan sekertaris IAW itu sontak membuat kaget Uya Kuya. Hal itu pun menuai pertanyaan baru di benak Uya Kuya.

“Mantan pensiunan? Oknum yang berpangkat ini berseragam ya?” tanya Uya Kuya ke Iskandar.

“Iya (berseragam), karena dalam warna-warni kejahatan mereka tidak akan berhitung kalau tidak kepada aparat, habis itu biasanya mereka berhitung kepada kelompok-kelompok kuat atau solid terorganisir,” jelas Iskandar.

“Ada mungkin nama-nama terkenal?”

“Kita sebut, pernah berbintang inisial B, itu aja dulu,” tandas Iskandar.

Didalam podcast Uya Kuya itu. Iskandar menyebut bahwa B dicurigai telah mengorganisir proyek tambang timah ilegal tersebut.

“Ini orang yang kita duga mengorganisir sampai terjadi pembelian smelter, smelter ini kan dibeli dari orang-orang yang bener-bener kaya, tetapi pembelinya tidak benar-benar kaya, kan unik,” tambah Iskandar.

sebelumnya juga disebut-sebut sosok pesohor dan artis yang terlibat dalam kasus korupsi timah yang menjerat Harvey Moeis.

Nama-nama tersebut diduga ikut kecipratan uang korupsi suami Sandra Dewi, Harvey Moeis.

Kini, usai inisial C, S, SD dan A jadi sorotan, muncul nama pesohor baru yang diduga ikut menikmati uang korupsi tersebut.

Inisial baru itu adalah inisial D, dan diduga merupakan seorang pendakwah atau ustaz.

Munculnya soal nama inisial D tersebut kembali diungkap langsung oleh Sekretaris DPP IAW Iskandar Sitorus.

Sekretaris DPP IAW Iskandar Sitorus lantas mengungkapkan ada pesohor dan artis inisial D yang diduga terlibat.

“Kami yakin pelaku kejahatan makin dibongkar. Bisa jadi yang menjadi public figure, pesohor atau seperti pendakwah. Kita kan belum tahu, biarkan Kejaksaan memeriksa kita dukung mereka,” kata Iskandar kepada awak media.

“Kami yakin Kejaksaan akan mampu menyentuh orang-orang itu. Kalau yang terkonsolidasi dengan uang triliunan ini bisa jadi ada artis C, S, SD, dan D. Orang-orang ini meriah megah, seperti menjadi orang baik padahal menggunakan uang hitam,” sambungnya.

Sebelumnya, Iskandar juga menyatakan ada sosok figur publik berinisial A yang diduga ikut menikmati aliran dana korupsi tersebut.

“Kalau sekarang ada nama perempuan, istri dari keluarga yang wah, bisa disebut bukan hanya pesohor memang dianya seleb,” kata Iskandar.

“Inisialnya A. Semoga dalam pemeriksaan ini, kami sudah lihat alurnya, seminimalnya dia menikmati. Bukan kita asal menuding, kalau dilakukan pemeriksaan, kepanggil. Sama kayak (Sandra Dewi),” sambungnya. (LN)

Advertisement