WhatsApp Instagram dan Facebook Padam Seantero Dunia

Ilustrasi
Ilustrasi

LEGION NEWS.COM – Terjadi pemadam pada sistem aplikasi akun media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp menjadi offline untuk pengguna di seluruh dunia, kata raksasa media sosial itu pada Senin, saat mereka berupaya memulihkan layanan setelah terkena salah satu pemadaman terlama.

Dilansir dari Reuters, Gangguan, yang melanda platform Facebook beberapa menit sebelum tengah hari, terjadi sehari setelah seorang pelapor menuduh perusahaan tersebut berulang kali memprioritaskan keuntungan daripada menekan ujaran kebencian dan informasi yang salah.

Padamnya aplikasi akun media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp di kota Makassar sejak pukul 00:05 WITA.

Advertisement

Pakar keamanan yang melacak situasi mengatakan pemadaman kemungkinan dipicu oleh kesalahan konfigurasi yang membuat arah ke server Facebook tidak tersedia. Itu bisa menjadi hasil dari kesalahan internal, meskipun sabotase oleh orang dalam secara teoritis mungkin.

Peretasan dari luar dianggap lebih kecil kemungkinannya. Serangan penolakan layanan besar-besaran yang dapat membanjiri salah satu situs paling populer di dunia, di sisi lain, akan membutuhkan koordinasi di antara kelompok kriminal yang kuat atau teknik yang sangat inovatif.

Facebook mengakui pengguna mengalami kesulitan mengakses aplikasinya tetapi tidak memberikan secara spesifik tentang sifat masalahnya atau berapa banyak yang terpengaruh oleh pemadaman tersebut.

“Kami sedang bekerja untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” cuit Facebook sekitar 30 menit setelah laporan pertama pemadaman.

Tanggapan Facebook menjadi jauh lebih sulit karena karyawan kehilangan akses ke beberapa alat mereka sendiri dalam penutupan, kata orang yang melacak masalah tersebut. (LN/Reuter)

Advertisement