Wapres Ma’ruf Amin, Buka Musyawarah Nasional ke-II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir

FOTO: Wakil Presiden (Wapres) Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin.
FOTO: Wakil Presiden (Wapres) Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin.
Advertisement

LEGION NEWS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin, membuka Musyawarah Nasional ke-II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir (Aspeksindo)

Pada kesempatanya Wapres Ma’ruf Amin, mengatakan, “Bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan dua pertiga luas wilayahnya berupa laut dan memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia,” ucap-Nya. Jumat, (8/10)

Indonesia memiliki potensi kemaritiman yang sangat besar.

Dengan lokasi di antara dua benua, Asia dan Australia; dan dua samudera, Pasifik dan Hindia menjadikan Indonesia pada titik strategis persilangan alur lalu lintas laut yang menghubungkan benua timur dan barat.

Advertisement

Dari sekitar 90 persen perdagangan global yang diangkut melalui laut, 40 persen di antaranya melewati perairan Indonesia.

Ini berarti posisi Indonesia sampai kapanpun akan selalu strategis dalam peta perdagangan dunia. Atas dasar itulah diangkat visi Indonesia ke depan sebagai Poros Maritim Dunia.

Tujuannya menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, pengawal–kepentingan dan keamanan maritim, serta memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan Indonesia.

Untuk mewujudkan Poros Maritim Dunia, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan peran serta berbagai pihak, baik pemerintah pusat dan daerah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan juga organisasi kemasyarakatan.

Kedepan, tantangan kita sebagai bangsa dan negara tidaklah ringan. Diperlukan kolaborasi, kerja sama, sinergi, koordinasi, profesionalisme dan inovasi, serta kerja keras mengatasi berbagai tantangan pembangunan di tengah arus perubahan dan disrupsi global. (LN/Sekneg)

Advertisement