Usianya 20 Tahun, Putra ‘Crazy Rich’ Haji Isam, Jhony Saputra Kelola Perusahaan CPO Bernilai Rp4,8 Triliun

FOTO: Jhony Saputra merupakan Komisaris utama perusahaan sawit PT Jhonlin Agro Raya Tbk. (JARR).
FOTO: Jhony Saputra merupakan Komisaris utama perusahaan sawit PT Jhonlin Agro Raya Tbk. (JARR).
Advertisement

LEGIONNEWS.COM – NIAGA, Putra Konglomerat Kalimantan Selatan Haji Isam, berhartakan triliunan rupiah menarik untuk disimak lika-likunya. termasuk perjalanannya di generasi kedua.

Putra crazy rich (Super Kaya), Haji Isam, yakni Jhony Saputra merupakan Komisaris utama perusahaan sawit PT Jhonlin Agro Raya Tbk. (JARR).

JARR melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 4 Agustus 2022 dengan harga IPO Rp300 per saham. Perdagangan sahamnya cukup meriah, dan sempat mencapai rekor tertinggi Rp525 per saham 19 maret 2024.

Oleh karena itu, saat itu Jhony yang baru berusia 20-an tahun telah mengelola JARR dengan kapitalisasi pasar Rp4,8 triliun.

Advertisement

Terkini, saham JARR bertengger di posisi Rp308 pada Jumat (5/4/2024). Kapitalisasi pasarnya mencapai Rp2,84 triliun.

Artinya, saham JARR sudah jatuh dari level tertingginya. Kendati demikian, saham JARR masih naik 24,19% sepanjang 2024, bahkan melonjak 94,94% dalam 6 bulan terakhir. Profil Jhony Saputra, pemuda Gen-Z lulusan SMA Al Azhar Pusat tahun 2018 tersebut memiliki banyak pengalaman menjabat di berbagai perusahaan.

Sebut saja perusahaan perkebunan PT Araya Agro Lestari dan PT Citra Agro Raya yang dimilikinya sejak 2017. Jhony juga tercatat sebagai pemilik sekaligus pemegang saham PT Modal Harapan Bangsa sejak 2018, dan tercatat memiliki saham PT Surya Mega Adiperkasa sejak 2020.

Berdasarkan penelusuran Bisnis, Jhony Saputra tercatat menjadi juara nasional kelas Free For All Kejurnas Speed Offroad 2017, menaklukkan deretan pembalap ternama seperti Rifat Sungkar hingga sang ayah, Haji Isam.

Sebagai informasi, Haji Isam yang bernama lengkap Syamsudin Andi Arsyad ini tidak hanya dikenal sebagai bos batu bara dan mendirikan perusahaan di sektor bisnis transportasi dan logistik di bawah PT Jhonlin Group.

Dirinya juga hobi offroad dan menaungi tim pembalap Jhonlin Racing Team. Hobinya ini menular kepada putranya Jhony Saputra. Tidak sendirian, Jhony menduduki bangku komisaris bersama dengan Bambang Aria Wisena dan Usman Aji Purnomo. Bambang Aria Wisena diketahui pernah menjabat sebagai direktur utama perusahaan sawit milik Bakrie, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk. (UNSP).

Sedangkan Usman Aji Purnomo merupakan sosok di balik PT Jhonlin Baratama, perancang good corporate governance di Jhonlin Group.

Penulis : Hafiyyan
Sumber: MarketBisnis.com

Advertisement