Uji Kelayakan Calon Ketua DPD II Golkar Parepare Diwarnai Insiden, TP Langsung Fit and Proper Test Calon Lawan Istrinya

FOTO: Ketua DPD I Golkar Sulawesi Selatan Taufan Pawe (TP) dalam kesempatan lainnya saat memimpin rapat di Sekertariat partai.
FOTO: Ketua DPD I Golkar Sulawesi Selatan Taufan Pawe (TP) dalam kesempatan lainnya saat memimpin rapat di Sekertariat partai.
Advertisement
FOTO: Undangan Fit and Proper Test Calon Calon Ketua DPD II Golkar Parepare
FOTO: Undangan Fit and Proper Test Calon Calon Ketua DPD II Golkar Parepare

LEGION NEWS.COM – Ketua DPD Golkar Sulsel Taufan Pawe, Rabu (8/12) siang tadi langsung menguji calon Ketua DPD Golkar Parepare, Taqyuddin Jabbar satu-satunya calon lawan Erna Rasyid istri Taufan Pawe calon Ketua Golkar yang didukung oleh 7 organisasi sayap Golkar.

Uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) yang berlangsung di kantor DPD I Golkar Sulsel yang diikuti 2 calon ketua Taqyuddin Jabbar dan Erna Rasyid diwarnai insiden, Ketua Golkar Sulsel Taufan Pawe mencak-mencak karena uji kelayakan dan kepatutan itu, dengan alasan dilangsungkan tanpa menunggu kehadirannya selaku Ketua Golkar Sulsel.

“Tadi Pak Taufan Pawe yang terlambat masuk di forum, langsung marah-marah dan dengan emosinal mengambil alih pimpinan uji kelayakan dari Marzuki Waden Sekretaris DPD Golkar Sulsel,” kata salah seorang pengurus DPD Golkar Sulsel yang hadir di forum itu, seraya meminta identitasnya tidak disebutkan.

Ketua Panitia Pelaksana Musda Golkar Parepare Hanram Hamdani mengakui, kalau uji kelayakan dan kepatutan Rabu siang di Kantor DPD Golkar Sulsel, dipimpin langsung oleh Taufan Pawe Ketua DPD Golkar Sulsel. Namun Hanram menolak dikatakan ada insiden marah-marah Taufan Pawe.

Advertisement

“Kalau diawal, forum uji kelayalan dipimpin oleh Marzuki Walden, kemudian diambil alih atau diserahkan ke Pak Ketua DPD Pak Taufan Pawe, saya kira itu biasa terjadi. Di forum manapun itu biasa saja,” elak Hanram.

Ditanya mengapa Taufan Pawe Ketua DPD yang langsung memimpin uji kelayakan dan kepatutan yang diikuti oleh Erna Rasyid dan Taqyuddin Jabbar lawan istri Taufan Pawe karena hanya ada dua calon. Hamran menolak menjawab dengan mengatakan uji kelayakan berlangsung lancar, sesuai jadwal.

Sementara itu, seorang pengurus DPD lainnya yang enggan disebutkan namanya, mengatakan sangat tidak elok bahkan tidak etis menyaksikan Taufan Pawe suami Erna Rasyid menguji Taqyuddin Jabbar calon lawan istrinya.

“Ada beberapa panelis seperti Rahman Pina dan La Kamawiyaka. Tetapi keduanya, tidak diberi kesempatan untuk bertanya atau menguji Taqyuddin Jabbar. Semua pertanyaan untuk Taqyuddin Jabbar diborong Taufan Pawe yang memimpin sidang uji kelayakan dan kepatutan itu,” kata pengurus Golkar yang cukup dikenal di publik Makassar.

Mulawarman pemerhati Golkar di Sulsel yang dimintai komentarnya dan bantuannya menhubungi panitia Musda Golkar Parepare, mengatakan bahwa cara Taufan Pawe itu, cara politisi baru kemarin kalau kita tidak mau dikatakan itu cara kampungan. “Hanya Taufan Pawe Ketua DPD I yang begitu. Langsung menguji calon ketua DPD II. Menguji calon lawan istrinya lagi. Ketum saja, Pak Erlangga gak perna menguji langsung Ketua DPD I,” ujar Mulawarman.

Mulawarman mengaku dapat cerita Taufan Pawe marah-marah di forum uji kelayakan dan kepatutan itu, dari teman-temannya yang pengurus DPD Golkar Sulsel.

“Mereka gak nyaman menyaksilan Taufan Pawe mencecar Taqyuddin Jabbar calon lawan istrinya dengan pertanyaan menyudutkan dan kadang tidak ada kaitannya dengan tujuan uji kelayakan itu. Dan lebih enak lagi, menyaksikan Taufan Pawe selalu memotong jawaban Taqyuddin, setiap Taqyuddin menjawab pertanyaan Taufan Pawe,” ungka Mulawarman menuturkan.

Karena itu, lanjut Mulawarman mengingatkan pengurus Golkar Parepare dan GOlkar Sulsel, untuk tidak lagi membantah, kalau dirinya dan publik luas, mengatakan Taufan Pawe sedang main kayu untuk memaksakan istrinya jadi Ketua Golkar Parepare. “Bukti main kayunya Taufan Pawe yaaa itu. Taufan Pawe menguji dan mengetes langsung lawan istrinya dan istrinya. Ini yang benar-benar yang namanya main kayu dalam dunia politik. Gal bisa dibantah, kalian termasuk Taufan Pawe, tidak bisa membantahnya,”’ kata Mulawarman. (*)

Advertisement