Tokoh Adat Kerajaan Gowa Temui Raja Bangkala Jeneponto, Ini yang Dibahas

Advertisement

JENEPONTO || Legion News- Saiful Mustamu Karaeng Moncong (araeng Bangkala/Raja Bangkala Ke-XVIII) Terima Kunjungan Silaturahmi Tokoh Adat Kerajaan Gowa diantaranya Karaeng Sila dan Kr. Cambang. Di rumah adat Allu Kel. Benteng Kec Bangkala Kab Jeneponto. (04/09).

Dalam pertemuaan kekeluargaan tersebut dihadiri oleh simpul keluarga besar kerajaan Bangkala. Pertemuan yang digelar di kediaman keluarga Bangkala tersebut sifatnya adalah silaturahmi adat dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi antar masyarakat adat Gowa-Jeneponto.

Pada pertemuan tersebut Ahmad Kr. Sanggu selaku tuan rumah menuturkan bahwa dalam pertemuan tersebut sama sekali tidak membahas agenda-agenda politik yang sifatnya praktis.
Meskipun disadari bahwa dari kedua rumpun keluarga terdapat bnyak tokoh-tokoh politik didalamnya.

“Pertemuan tersebut sama sekali tidak membahas agenda-agenda politik yang sifatnya praktis, meskipun kami memang bnyak yang bergelut di dunia politik, melainkan lebih banyak berdiskusi mengenai kebudayaan dan adat istiadat masing-masing”, ujar Ahmad Kr. Sanggu.

Advertisement

Persamaan persepsi mengenai keberadaan masyarakat adat di Indonesia yang perlu dilestarikan adalah salah satu faktor yang mendasari digelarnya pertemuan tersebut.

Saiful Mustamu Karaeng Moncong Karaeng Bangkala menjelaskan bahwa menjadi kewajiban kita semua untuk senantiasa menjaga dan melestarikan kebudayaan dan adat istiadat yang telah ada di Indonesia.

“Melalui pelestarian adat kerajaan-kerajaan yang dahulu kala berperan sebagai pemersatu bangsa Indonesia, diharapkan agar kita dapat menjaga anak cucu kita dari budaya-budaya asing yang sifatnya negatif dan tidak sejalan dengan adat istiadat bangsa Indonesia”, jelas Saiful Mustamu Karaeng Moncong.

Pertemuan tersebut, turut dihadir H. Andi Baharuddin BJ Kr. Nai, H.Bahar Baharuddin Kr. Sanggu’, H.Anas Kalanna Kr. Kalanna, Syamsuddin, S.Sos Kr. Kuneng, Andi Subair Bj. Kr. Ca’di, Hertasning Kr. Lau mantan anggota KPU kab. Jeneponto dan beberapa tokoh dari kedua lembaga adat Bangkala.

Lembaga adat Gowa Kr. Sila menyampaikan apresiasi atas penyambutan hangat dari keluarga kerajaan Bangkala yang masih serumpun dengan keluarga dari kerajaan Gowa tersebut.

“Terima kasih atas sambutannya, kami apresiasi atas penyambutan hangat dari keluarga kerajaan Bangkala yang masih serumpun dengan keluarga dari kerajaan Gowa, Insya Allah silaturahmi kian terjalin”, terang Kr Sila. (Ajr\*)

Advertisement