TNI Sebut Kelompok KKB Sugapa Intan Jaya Miliki 13 Pucuk Senpi

LEGIONNEWS.COM – PAPUA, Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB dilaporkan sejak Jumat (19/1/2024) lalu melakukan penyerangan dengan menembaki pos TNI-Polri yang ada di Sugapa.

Dalam aksinya itu seorang anggota Brimob gugur dan dikabarkan tercatat tujuh anggota KKB tertembak, empat diantaranya tewas dan saat ini situasi keamanan relatif kondusif namun anggota TNI-Polri terus bersiaga

Berdasarkan laporan terbaru, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Papua memiliki 13 pucuk senjata api (senpi) berbagai jenis.

“Memang benar dari laporan yang diterima KKB Intan Jaya pimpinan Indius Kogoya memiliki 13 pucuk senpi berbagai jenis yang merupakan hasil rampasan dari TNI-Polri,” kata Pangdam di Jayapura, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, (27/1/2024).

Advertisement

Adapun jenis senjata api yang dimiliki yakni jenis Sniper AX, SS-1 V1, M4 dan pistol FN masing-masing satu pucuk, senpi jenis M16, Steyr dan Double Loop masing-masing dua pucuk dan tiga pucuk jenis revolver.

Untuk persediaan amunisi KKB, Pangdam XVII Cenderawasih mengakui tidak mengetahui dengan pasti. Ia mengatakan KKB lebih banyak melakukan aksi dengan bergerilya dimana setelah melakukan penembakan mereka langsung melarikan diri ke hutan yang ada di sekitarnya.

“KKB dalam melakukan aksi penembakan selalu dengan pola tembak-lari sehingga diprediksi itu agar tidak menghabiskan banyak peluru,” kata Pangdam.

Ia memastikan TNI-Polri saat ini sedang berupaya memulihkan situasi keamanan di wilayah Sugapa sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan normal. (**)

Advertisement