Sulbar Masuk Daftar Provinsi yang Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

FOTO: Ilustrasi
FOTO: Ilustrasi

LEGION NEWS.COM, MAMUJU – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini agar waspada terhadap cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di 21 wilayah di Tanah Air, Kamis (14/10/2021).

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur, dan peningkatan angin kencang yang bisa mengakibatkan longsor dan banjir. Waspada juga adanya tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Cuaca serupa juga berpotensi di Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan

Advertisement

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 20 derajat hingga 35 derajat Celsius dengan kelembaban udara 50-650.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan angin berkisar 4-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur laut hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang dan perairan barat Lampung hingga selatan Jawa Barat.
Waspada tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter yang berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, Selat Sunda bagian selatan, Selat Bali bagian selatan dan Selat Lombok bagian selatan.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” demikian peringatan BMKG untuk wilayah pesisir di Indonesia. [Beritasatu]

Advertisement