Sri Mulyani: Bisa Minus 0,4%? Ekonomi Indonesia Makin Berat

JAKARTA, Legion News – Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I hanya 2,97% saja. Angka ini di luar prediksi dari pemerintah dan pengamat ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anjloknya pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin sulit. Mengingat selama tiga bulan ke depan Indonesia masih akan berjibaku menghadapi virus corona.

Hal ini juga membuat pemerintah harus menyiapkan skenario terburuk. Bahkan, ekonomi RI bisa berada di angka -0,4% mengingat mengawali tahun ini dengan angka yang rendah.

“Ilustrasi yang kita hadapi dalam melihat ekonomi kita di kuartal II dan kemungkinan berlanjut di kuartal III, sehingga kemungkinan masuk skenario sangat berat mungkin terjadi, dari 2,3% menjadi minus 0,4%,” ujarnya dalam rapat virtual dengan DPR, Rabu Malam (6/5/2020).

Advertisement

Menurut Sri Mulyani, salah satu yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi anjlok adalah turunnya konsumsi rumah tangga. Hal ini menyusul adanya pelaksanaan PSBB di beberapa daerah

Apalagi menurut Sri Mulyani, pemberlakuan PSBB mulai diperluas. Semula PSBB hanya dilakukan di wilayah Jabdoetabek kini, penerapan tersebut diperluas hingga ke beberapa Provinsi. (*)

Advertisement