SMK KAL-1 Lahirkan 260 Siswa, Siap Hadapi Persaingan Dunia Usaha Dan Dunia Industri

FOTO: Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) yang berlokasi di Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut ( KODIKLATAL ) Surabaya, Rabu (03/11/2021)
FOTO: Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) yang berlokasi di Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut ( KODIKLATAL ) Surabaya, Rabu (03/11/2021)
Advertisement

LEGION NEWS.COM, SURABAYA – Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) yang berlokasi di Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut ( KODIKLATAL ) Surabaya, Rabu (03/11/2021)

Melaksanakan purnawiyata kepada 260 siswanya yang berlangsung di Gedung Graha Samudera Bumimoro Surabaya. Purnawiyata / merupakan simbul dari berakhirnya pendidikan bagi siswa-siswi tersebut berlangsung secara hikmat di pimpin langsung oleh Kepala SMK KAL-1 Kolonel Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanro, M.Si di hadiri seluruh siswa beserta orang tua masing-masing dengan melaksanakan protokol kesehatan covid-19

Prosesi purnawiyata diawali dengan masuknya Kepala Sekolah di damping 3 Wakil Kepala sekolah ( Waka Sarana Prasarana dan IT Karno S.B , S.Pd., M/Pd, Waka Kesiswaan dan Humas Munawar, S.Pd , Waka Kurikulum dan Posdik Ari Sutrijono, S.Pd., MM) serta 4 Kepala Program Kejuruan ( TKR, TPM, TAV dan TITL) melewati jajar kehormatan pasukan pengibar bendera Paskibra SMK KAL-1 ( PASKAL-1), dilanjutkan menyanyikann lagu Kebangsaan Indonesia Raya di teruskan menyanyikan lagu Mars Hang Tuah dipimin oleh Arifani Catra Mutia, S.Pd.

Sebagai pembuka acara di suguhkan tari Remo Gagrak Anyar oleh siswi Arum Lstari XII TAV, Aisyah N XI TAV, Nur Aini XI TAV dan Celica XI TPMA, dilanjutkan pembacaan surat keputusan kelulusan yang di sampaikan oleh Waka Kurikulum Ari Sutrijono, S.Pd., M.M dimana dalam kesempatan ini merangkap selaku Ketua Panitia Punawiyata. SMK KAL-1 Surabaya pada tahun pelajran 2020/2021 berhasil meluluskan 100 % dari jumlah siswa 260 yang terdiri dari 4 jurusan (TKR, TPM, TAV dan TITL) dengan rincian kejuruan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 102 siswa, kejuruan Teknik Pemesinan (TPM) 78 siswa, kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) 40 siswa dan kejuruan Teknik Audio Video (TAV) 39 siswa.

Advertisement

Direktur SMK KAL-1 sebutan keseharian selaku Kepsek yang di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya ini, di depan orang tua siswa menyampaikan bahwa mulai saat ini manajemen sekolah telah menyelesaikan tugasnya dalam membimbing, mendidik dan mengasuh putra-putrinya selama di SMK KAL-1. Oleh karenanya setelah punawiyata, tugas tersebut telah kembali kepada kedua orang tuanya masing-masing.

Menurutnya dengan kelulusan dari SMK KAL-1, ini baru merupakan modal dasar dan awal dari perjuangan yang masih panjang yang penuh hambatan, tantangan, dan persaingan yang besar. Sebagai anak alumni SMK, Kepsek berharap, dengan life skill yang telah di miliki dan dengan perkembangan kehidupan akhir -akhir ini kalian mampu membuktikan bahwa alumni SMK KAL-1 adalah ”Alumni yang tangguh, berkemampuan tinggi, dan mampu untuk mengatasi segala tantangan dunia usaha dan dunia industri sekarang ini” pungkasnya.

“Disamping itu pada saat ini seluruh managemen sekolah sedang berbenah diri agar tidak kalah bersaing dengan sekolah lain, kedepan akan mengadakan perubahan mendasar, bukan hanya tambal sulam. Berbagai perubahan perbaikan dan penyempurnaan tengah dan sedang dilaksanakan, sebagai perwujudan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, baik menyangkut aspek pendidikan maupun non pendidikan” paparnya.

Pada penutupan pendidikan / purnawiyata , Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mengumumkan kepada 12 siswa yang berprestasi dalam kompetesi di 4 jurusan ( T ITL, TAV, TPM, TKR) serta 3 siswa peraih juara umum dimana mereka berhasil menorehkan nilai terbaiknya sejak di semester 1 hingga semester 6. Peringkat juara umum 1 siswi Andi ahyono kelas XII TPM A, juara umum 2 Desfian Ilham Firmansyah kelas XII TPM A dan S, Putri Danayanti kelas XII TAV

Dalam kesempatan ini manajemen sekolah juga memberikan sumbangan dana pendidikan kepada 12 siswa anak yatim SMK KAL-1 yang berprestasi, pemberian sumbangan secara rutin dan bergilir di berikan kepada seluruh siswa anak yatim yang jumlahnya mencapai 70 siswa lebih.

Turut hadir dalam Purnawiyata beberapa pengurus Inti Yayasan Hang Tuag Cabang Surabaya , Ketua Komite SMK KAL-1, serta beberapa Kepala Satuan Pendidikan ( Kasatdik) antara lain Kepsek SMP Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 1 dan SMA Hang Tuah 4 serta Kepsek SMK KAL-2. Tidak ketinggalan perwakilan dari Dunia Usaha dan dari Dunia Industri

Sebagai penutup purnawiyata dilaksanakan sesi foto bersama oleh seluruh siswa bersama Kepala Sekolah, Kaprodi dan wali kelas masing-masing secara bergantian dengan memastikan tetap mengutamakan Protokol keshatan selama kegiatan berlangsung dari awal acara hingga berakhirnya acara. (dar)

Advertisement