Siswa SMPN 6 Makassar dan Batalion Armed Divisi 3 Kostrad Gelar Program Sekolah Hybrid

FOTO: Siswa SMPN 6 Makassar program sekolah hybrid cara Budi daya ikan konsumsi dan Kebun Denassa, di Kelurahan Bontonompo, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa. Sabtu (1/10)
FOTO: Siswa SMPN 6 Makassar program sekolah hybrid cara Budi daya ikan konsumsi dan Kebun Denassa, di Kelurahan Bontonompo, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa. Sabtu (1/10)

MAKASSAR – Organisasi Intra Sekolah SMP Negeri 6 Makassar bekerja sama dengan Mako Batalion Armed Divisi 3 Kostrad kegiatan pembelajaran di luar kelas yang merupakan salah satu program sekolah hybrid.

Kegiatan itu berupa cara Budi daya ikan konsumsi dan Kebun Denassa, di Kelurahan Bontonompo, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa. Sabtu (1/10)

Kegiatan itu diikuti 200-an orang terdiri dari peserta didik kelas 9, orang tua, komite, dan tentu saja guru sebagai pendamping.

Kegiatan ini dipimpin langsung Dr. Munir Kepala SMPN 6 Makassar didampingi Imron Rosjadi (Wakasek Kesiswaan), dan Ratnawaty Rondonuwu sebagai PIC outing.

Advertisement

Pada kunjungan di Mako Armed mereka disambut hangat oleh para tentara yang nyambi sebagai peternak ikan di sela- sela waktu luang mereka.

Peserta antusias bertanya segala hal mulai dari pembibitan hingga panen ikan tersebut. Di Denassa Botanical Garden, para Peserta diajak belajar langsung pada alam, dengan kegiatan-kegiatan seru seperti sarapan pangan lokal, menangkap belalang membuat kue tradisional (umba-umba), tangkap ikan, dan belajar menanam padi.

Mereka juga diajak menanam singkong dan mendengarkan cara memelihara sapi. Siswa juga diberikan pembelajaran diluar kelas materi perkembangbiakan tanaman dan hewan.

Kegiatan outing tidak berakhir sampai di sini karena di kls nanti mereka akan diminta untuk merefleksikan dengan bahasa yang baik dan santun baik dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris maupun dalam bentuk sketsa lukisan tentang apa yang mereka lihat.

“Kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang sesungguhnya, anak-anak tidak merasa belajar karena kegiatan ini dikemas senatural mungkin sehingga mereka merasa sedang piknik saja tetapi konten ilmu tetap mereka dapat,” ungkap Kasek SMPN 6 Makassar ini.

“Kreativitas, ide, dan kerja sama mereka terbangun. Ini terlihat ketika menangkap ikan dan belalang. Mereka kerjasama untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak kemudian membaginya” kata Imron wakasek kesiswaan.

“Saya terharu melihat anak-anak begitu bahagia. Mereka terlihat melupakan gadget mereka karena begitu sibuk belajar sambil bercanda dengan teman-temannya,” kata PIC Kegiatan Ratnawaty Rondonuwu.

“Kegiatan ini perlu diprogramkan setiap tahun” ungkap H. Amaruddin salah satu guru pendamping sekaligus wali klas 9.

“Seru, karena bisa berinteraksi dengan alam secara menyenangkan dan menghibur. Saya suka sekali sama outing ini krn bebas mau main apa sama teman tapi saya tetap dapat ilmu juga, Mem,” tutur Adit, ketua kelas 9E.

Diakhir kegiatan itu, siswa pulang dengan penuh kegembiraan. Para siswa SMPN 6 itu pun pulang dengan membawa hasil perkebunan seperti sayuran dan buah, Tidak hanya itu saja hasil budidaya perikanan dan peternakan juga dibawa oleh siswa dan orang tua murid sebagai ole-oleh. (*)

Advertisement