Sir Mark Walport: Virus Corona Bersama Kita Selamanya “Seperti flu, Orang Perlu Vaksinasi Ulang Secara Berkala”

LONDON||Legion News – Virus Corona COVID-19 akan hadir “selamanya dalam beberapa bentuk atau lainnya”, kata seorang anggota badan pemerintah Inggris, Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat (Sage).

Oleh karenanya, orang-orang perlu divaksinasi secara berkala, Sir Mark Walport menambahkan.

Komentarnya muncul setelah kepala WHO menyatakan harapan bahwa pandemi akan berakhir dalam dua tahun, bercermin dari pandemi Flu Spanyol 1918 yang membutuhkan waktu dua tahun untuk diatasi.

Namun, Sir Mark mengatakan populasi dan perjalanan yang lebih padat berarti virus menyebar dengan mudah. Dia juga mengatakan populasi dunia sekarang jauh lebih besar daripada tahun 1918.

Advertisement

Berbicara kepada program BBC Today Radio 4, Sir Mark mengatakan bahwa, untuk mengendalikan pandemi, “vaksinasi global” akan diperlukan, tetapi COVID-19 tidak akan menjadi penyakit seperti cacar yang “dapat diberantas dengan vaksinasi,” jelasnya seperti dikutip dari BBC, Minggu (23/8/2020).

“Ini adalah virus yang akan bersama kita selamanya dalam beberapa bentuk atau lainnya, dan hampir pasti akan membutuhkan vaksinasi berulang,” katanya.

“Jadi, seperti flu, orang perlu vaksinasi ulang secara berkala.”

Tedros Adhanom Ghebreyesus, kepala WHO, mengatakan bahwa flu Spanyol tahun 1918 membutuhkan waktu dua tahun untuk diatasi, dan bahwa kemajuan teknologi dapat memungkinkan dunia untuk menghentikan virus corona “dalam waktu yang lebih singkat”.

Flu tahun 1918 menewaskan sedikitnya 50 juta orang.

Pandemi COVID-19 sejauh ini telah menewaskan 800.000 orang. Hampir 23 juta infeksi telah dicatat, tetapi jumlah orang yang benar-benar terinfeksi virus diperkirakan jauh lebih tinggi karena pengujian yang tidak memadai dan kasus tanpa gejala.

Pentingnya Tindakan Terukur

Sir Mark memperingatkan bahwa “kemungkinan” virus corona akan “di luar kendali” lagi, tetapi mengatakan tindakan yang lebih bertarget sekarang dapat digunakan daripada penguncian umum.

Kasus virus corona telah meningkat di negara-negara Eropa dalam beberapa pekan terakhir. Beberapa negara, yang tampaknya berhasil menekan wabah awal, kini mengalami peningkatan infeksi lagi.

Pada 22 Agustus, Inggris mencatat 21,5 kasus virus korona per 100.000 orang selama dua minggu terakhir , menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

Sir Mark berkata: “Kami tahu bahwa kurang dari satu dari lima orang di seluruh negeri telah terinfeksi, jadi 80% populasi masih rentan terhadap virus ini.”

“Ini adalah keseimbangan yang mengerikan antara mencoba meminimalkan bahaya bagi orang-orang dari infeksi dan melindungi orang, sambil menjaga agar masyarakat tetap berjalan.”

Dia mengatakan dia khawatir dengan peningkatan jumlah kasus di Eropa dan bagian lain dunia.

Sementara itu, turis yang kembali ke Inggris menghabiskan ribuan pound untuk mengatur penerbangan baru dalam perlombaan untuk pulang sebelum aturan perjalanan baru diberlakukan.

Mulai pukul 04:00 BST pada hari Sabtu, wisatawan yang kembali dari Kroasia, Austria, dan Trinidad dan Tobago harus dikarantina selama 14 hari.

Ada pemandangan serupa akhir pekan lalu ketika aturan baru diberlakukan bagi mereka yang kembali dari negara-negara termasuk Prancis dan Belanda.

Advertisement