Sepuluh Tahun Rusak, Kini Ruas Barugae- Sinjai Borong Segera Dikerja

FOTO: Kondisi Desa Kambuno maupun Desa Barugae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba dan warga Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai.
FOTO: Kondisi Desa Kambuno maupun Desa Barugae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba dan warga Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai.
Advertisement

LEGION NEWS.COM – Masyarakat Desa Kambuno maupun Desa Barugae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba dan warga Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai bersuka cita menyambut rencana Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan membangun atau meningkatkan jalan yang menghubungkan antar kabupaten di bulan ini.

Pasalnya jalanan menghubungkan Kecamatan Bulukumpa dan Kecamatan Sinjai Borong telah melewati jalan rusak selama 10 tahun. Jalanan tersebut tepatnya berada di ruas jalan Barugae-Sinjai Borong.

Secara umum hampir 90 persen kondisi jalanan tersebut mengalami kerusakan. Jika hujan tiba, jalanan mirip aliran sungai.

Dan saat kemarau tiba, debu beterbangan hingga masuk di rumah warga. Titik jalan rusak sebagian besar berada di Desa Kambuno dan sebagiannya di Desa Barugae.

Advertisement

“Sekitar 10 tahun kami lewati jalan rusak Sinjai-Bulukumba. Alhamdulillah kami bersyukur Pemkab Bulukumba mau membangun jalanan itu,” kata Rahmi warga setempat, Selasa 17 Mei 2022.

Dikatakan, selama ini hampir setiap warga yang melewati jalanan tersebut kesal. Mereka kesal karena selain menghambat perjalanan juga memicu kerusakan onderdil kendaraan pemilik jasa angkutan.

Jalanan ini dilalui oleh masyarakat dua kabupaten bertetangga setiap hari. Misalnya warga Bulukumpa yang berdagang ke Sinjai Borong. Demikian juga warga Kecamatan Sinjai Borong yang ingin berbelanja kebutuhan di Kabupaten Bulukumba terpaksa melintasi jalan rusak tersebut.

Tak ada pilihan meski jalanan bebatuan harus mereka lintasi. Sebab jarak Kecamatan Sinjai Borong ke Kabupaten Bulukumba lebih dekat dibandingkan ke ibukota Sinjai.

Terpisah Humas Dinas Kominfo Bulukumba, Andi Ayatullah menyampaikan bahwa jalan tersebut saat ini segera dikerjakan atau ditingkatkan.

“Sudah ada pemenang tendernya dan sudah di MC nol, jadi akan segera dikerjakan,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, panjang jalan rusak yang akan dikerjakan itu ada 2,5 kilometer dan Bupati memang memprogramkan jalanan mulus untuk mempermudah akses ekonomi.

“Harapan Bupati Bulukumba, akan mempermudah akses ekonomi baik masyarakat Bulukumba maupun warga Sinjai yang ingin ke Bulukumba,” ungkapnya.

Sekedar diketahui tahun 2022 ini ada peningkatkan anggaran pembangunan jalan dan jembatan dari tahun sebelumnya hanya sekitar 60 milyar menjadi 91 milyar lebih.(*)

Advertisement