Program Wisata Covid-19 Sulsel

Penulis: Dr.dr. Ampera Matippanna, Sked.

Jabatan: Dokter fungsional Pada Badan Pengembangan SDM Prov. Sulawesi Selatan

MAKASSAR, Legion News – Kok, ada istilah wisata covid-19 ya? bukannya virus covid-19 yang lagi pandemi sekarang ini begitu mencemaskan dengan angka terkonfirmasi positif rata-rata ratusan kasus perhari ?

Advertisement

Memang betul, di sulsel ada program wisata covid-19 yaitu sebuah inovasi dalam program pencegahan dan pemutusan mata rantai covid-19 yang diinisiasi oleh pemerintah provinsi sulawesi selatan sebagai pusat penampungan orang-orang yang terkonfirmasi covid-19 untuk melakukan isolasi diri agar memudahkan untuk memantau perkembangan kesehatannya dan sekaligus agar tidak menjadi sumber penularan kepada orang lain yang ada disekitarnya atau terhadap orang-orang yang kontak dengannya.

Disebut sebagai program Wisata Covid-19, karena mereka yang terpapar covid-19 yang karena satu dan lain hal tidak dapat melakukan isolasi mandiri dirumah dan yang tanpa gejala atau faktor penyulit di tempatkan di sebuah hotel yang cukup mewah dengan segala fasilitas yang lengkap dalam setiap kamar yang ditempati oleh mereka yang terkonfirmasi covid-19 tersebut.

Selain fasilitas dalam ruangan yang disiapkan senyaman mungkin, mereka juga disiapkan menu makanan bergizi tinggi dan obat-obatan serta suplemen multivitamin agar daya tahan tubuh atau imunitasnya semakin membaik sehingga lebih mempercepat proses kesembuhan. Semua fasilitas tersebut disediakan secara gratis atau menjadi tanggungan pemerintah Provinsi Sulawesi selatan.

Hal yang menarik lainnya dari program wisata covid-19 pemerintah sulawesi selatan adalah dengan melengkapi pusat penampungan isolasi tersebut dengan tim supporting yang senantiasa mendampingi pasien untuk melakukan edukasi , motivasi dan rekreasi bersama dilingkungan hotel tempat isolasi agar pasien tidak merasa cemas yang berlebihan sehingga dapat memperburuk kesehatannya.

Selain hal yang telah disebutkan tersebut diatas, dipusat isolasi tersebut dilakukan program-program kreatif seperti program peningkatan kebugaran fisik melalui senam-senam aerobik yang bervariatif dengan intensitas yang rendah , permainan dengan game-game menarik dari para fasilitator yang ada sehingga betul-betul sangat bermanfaat bagi kesehatan pasien.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah sulawesi selatan dengan program wisata covid adalah sebuah wujud kerja nyata sebagai bagian dari kepedulian dan tanggung jawab pemerintah kepada masyarakatnya. Gubernur sulawesi selatan Prof. Dr. Nurdin Abdullah senantiasa melakukan inovasi-inovasi pelayanan yang berorientasi pada kesehatan dan kesejahteraan rakyat. Inovasi Wisata Covid-19 mengantarkan Prof. Nurdin abdullah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat dalam ajang inovasi pelayanan publik terhadap pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan covid-19 di sulawesi selatan.

Meskipun demikian tetap menjadi tantangan terhadap kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan agar kasus-kasus baru tidak lagi bertambah. Sehubungan dengan hal tersebut Nurdin Abdullah terus menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berperilaku disiplin terhadap protokol kesehatan dalam masa new normal life sekarang ini.

Advertisement