Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Tradisional di Muna Barat Sultra

FOTO: Presiden Jokowi saat mengunjungi Pasar Rakyat Kambara di Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin, 13 Mei 2024. [Foto: Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden]
FOTO: Presiden Jokowi saat mengunjungi Pasar Rakyat Kambara di Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin, 13 Mei 2024. [Foto: Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden]
Advertisement

LEGIONNEWS.COM – NASIONAL, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dalam kunjungan kerjanya itu presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Sejak Minggu siang kemarin (12/5/2024) Presiden Jokowi bertolak ke Sultra melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Presiden Jokowi dan rombongan direncanakan mendarat di Pangkalan TNI Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan pada sore hari.

Senin (13/5) Presiden bersama sejumlah menteri yang ikut bersamanya melakukan peresmian pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara hingga peresmian Bendungan Ameroro.

Advertisement

Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Rakyat Kambara di Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep), Kabupaten Muna Barat (Mubar), Senin.

Presiden Jokowi bersama rombongan tiba di Pasar Rakyat Kambara sekira pukul 14.00 Wita.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mubar LM Ishar Masiala, agenda utama Presiden Jokowi di Pasar Rakyat Kambara adalah membagikan sembako sebanyak seribu paket.

“Pak Jokowi tadi secara simbolis membagikan sembako. Presiden juga membagikan BLT sebesar Rp1,2 juta per orang. Jumlah penerimanya saya kurang tahu,” jelasnya.

Dilansir dari laman platform media sosial Facebook milik Presiden Jokowi nampak menemui sejumlah pedagang di pasar tradisional tersebut.

“Harga – harga bahan pokok, utamanya beras, di Pasar Kambara, Kabupaten Muna Barat dalam kondisi stabil dan baik. Sambil berbincang dengan warga, saya juga sempat membeli cabai rawit sebanyak satu kilogram, serta memberikan langsung bantuan modal bagi para pedagang, yang sekiranya dapat mendongkrak ekonomi lokal.” *** Tulis Presiden Jokowi di Facebook. Seperti dilihat Senin.

“Kedepannya, rencana pembangunan pasar dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah daerah setempat, yang dapat mendukung kegiatan ekonomi masyarakat lokal.” tutup unggahan akun resmi Presiden Jokowi.

“Terima kasih bapak Presiden Jokowi sudah datang di Mubar dan memberikan BLT. Saya senang dan bangga sudah dikunjungi presiden. Sudah dapat bantuan kemasyarakatan dari Presiden Jokowi,” ucapnya.

Kunjungan Presiden di Pasar Rakyat Kambara disambut oleh ribuan masyarakat. Sesaat keluar dari mobilnya, Presiden Jokowi langsung menyalami masyarakat dan para pedagang.

Antusias masyarakat tampak begitu besar untuk menyambut kehadiran Presiden Jokowi di Mubar.

Di ZZ Resto Coffee dan Pemancingan Matakidi yang merupakan tempat makan siang Presiden Jokowi, ribuan masyarakat menunggu di tepi jalan.

Di sepanjang jalan dari ZZ Resto Coffee menuju Pasar Rakyat Kambara di Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tikep, masyarakat baik itu siswa SD hingga masyarakat umum berjejer di pinggir jalan.

Kunjungan Presiden ke Muna Barat itu setelah kegiatan yang sama di kabupaten Muna, di dampingi Pj. Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto dan Pj.Bupati Muna Barat, La Butolo. (LN/Antar)

Advertisement