Organisasi Paguyuban Pemuda Nusantara Papua Terbentuk, Siap Deklarasi Tahun Ini

FOTO: Paguyuban, tokoh pemuda dan tokoh adat yang ada di wilayah Adat Tabi, bertempat di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (21/11).
FOTO: Paguyuban, tokoh pemuda dan tokoh adat yang ada di wilayah Adat Tabi, bertempat di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (21/11).
Advertisement

JAYAPURA  – Silaturahmi digelar para perwakilan dari masing-masing Paguyuban, tokoh pemuda dan tokoh adat yang ada di wilayah Adat Tabi, bertempat di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (21/11).

Dari pertemuan tersebut dicetuskan lahirnya sebuah Organisasi Paguyuban Pemuda Nusantara Papua Republik Indonesia yang disingkat PPNP – RI.

BACA JUGA: Su Minum Kopi Kah Belom? Nikmatnya Kopi Hitam dan Gula, Masyarakat Papua Cinta Indonesia

Kepengurusan Organisasi PPNP-RI juga telah dibentuk dengan Jack J. Puraro, S.Pak., M.Si., ditunjuk selaku Ketua Umum, Sekretaris Umum dijabat oleh Muhammad Mizriyanto dan Bendahara oleh Fredrika Mince Pawere.

Advertisement

Jack J. Puraro menuturkan bahwa tugas pertamanya adalah mempersiapkan deklarasi yang dijadwalkan akan dilakukan sebelum perayaan natal tahun ini.

“PPNP ini adalah sebuah organisasi dan di dalamnya ada pemuda-pemuda yang berjiwa merakyat selain aspek lainnya dengan kebutuhan masyarakat, tetapi yang lebih penting adalah membentuk pemuda yang solid di Wilayah Tabi ini untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam membangun tanah Papua,” kata Jack.

BACA JUGA: Satgas Pamtas Yonif 132/BS Masuk Dapur Warga Kampung Banda

“Visi dan misi serta hal lainnya akan kami sampaikan pada deklarasi nanti. Yang jelas organisasi ini hadir agar para pemuda dapat dituntun sebab peran pemuda sangat penting untuk masa depan Papua sehingga mempunyai sebuah tujuan yang mulia, baik untuk Papua dan Indonesia,” sambungnya.

Adapun beberapa usulan dari anggota yang hadir dalam rapat tersebut yaitu pertama, segera melakukan pembentukan organisasi di tingkat wilayah Kota/kab dan mengisi kepengurusan pada tingkat Provinsi sesuai dengan kebutuhan organisasi. Kedua, Perlunya keterlibatan PPNP dalam mengawali segala bentuk program pemerintah terlebih Otsus di Tanah Papua. Ketiga, PPNP harus dilibatkan dalam mengindetifikasi awal apa yang menjadi kegagalan pada Otsus jilid 1 sebagai langkah dalam mengambil solusi dalam menghadapi Otsus jilid 2.

BACA JUGA: Buka Munas HIMPI, Presiden Minta Pengusaha Bangun Kepercayaan

“Hal ini akan kita bahas secara bersama-sama pada Deklarasi mendatang,” tutur Jack.

Sementara itu terkait situasi dan kondisi keamanan di Tanah Papua secara khusus di tanah adat Tabi, Jack sebagai salah satu tokoh Pemuda menegaskan bahwa seluruh komponen masyarakat di tanah adat Tabi menyatakan sikap bahwa Papua adalah bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sudah sah dan final secara hukum International dan Mendukung pelaksanaan otonomi khusus di tanah Papua.

BACA JUGA: Satgas Pamtas Yonif 132/BS Masuk Dapur Warga Kampung Banda

“Kami juga mendukung Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan Daerah Otonomi Baru di tanah Papua (DOB). Kami menolak segala bentuk demonstrasi penolakan otonomi khusus dan DOB di atas tanah Tabi dengan mengatas namakan orang Papua, sebab kami masyarakat adat Tabi menerima pelaksanaan otonomi khusus dan DOB, jika ingin melakukan demonstrasi silahkan lakukan di wilayah adat masing-masing jangan di atas tanah Tabi,” tegasnya. (**)

Advertisement