Netizen Sorot Kinerja Indah-Suaib, Penyebab Banjir Lutra Akibat Tanggul Jebol

Advertisement

LUWU UTARA– Banjir kembali merendam tiga desa di Kecamatan Malangke Barat dan Kecamatan Baebunta Selatan, Kabupaten Luwu Utara pada Senin, 13 Januari 2023.

Empat rumah warga di Dusun Suka Makmur, Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, hanyut terseret banjir. Sementara belasan rumah lainnya dilaporkan rusak berat. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian warga ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Penyebab banjir kali ini karena tingginya Intesitas hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di Luwu Utara. Internsitas hujan yang tinggi menyebabkan debit air debit air terus meningkat, sehingga tanggul Sungai Rongkong jebol dan air sungai meluap mengenangi pemukiman warga.

Salah satu warga menyesalkan penyebab tanggulnya jebol di di desa Lembang-lembang melalui postingannya di sosial media Facebook miliknya.

Advertisement

“Terkait tanggul yang jebol di desa Lembang-lembang dusun Suka Makmur sudah berapa kali saya sampaikan mulai reses, musrembang sampai dinas terkait bahwa pekerjaan ini tidak bisa ditunda-tunda karena persoalan naiknya debit air,” cuit pemilik akun bernama Harmiadi, Rabu (15/03).

“Nah sudah terbukti sekarang sudah 4 rumah yang hanyut apakah kita mau seperti ini nanti ada yang korban baru pemerintah daerah mau bergerak,” tulisnya.

Diketahui, selain rumah warga beberapa fasiltas seperti sekolah dan gedung pemerintahan setempat mengalami juga kerusakan akibat genangan air banjir ini.

Akibat banjir ini, aktifitas warga yang terdampak ikut terganggu. (**)

Advertisement