Kutuk Aksi Kekerasan Satpol PP Gowa, IKAPPI Sulsel akan Kawal Hingga Tuntas Proses Hukum di Kepolisian

MAKASSAR || LegionNews.com- Viral di media Sosial oknum Satpol PP melakukan tindakan kekerasan di salah salah satu Cafe di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan saat penertiban razia PPKM, Rabu malam, (14/07).

Dalam video tampak petugas Satpol PP ketika cekcok memukul pemilik caffe, Kemudian sang istri yang dikabarkan sedang hamil juga mendapat pukulan. Ivan pemilik Cafe mengaku mengikuti aturan PPKM dan menutup tempat usahanya pada pukul 7 malam.

Atas kejadian tersebut, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Sulawesi Selatan mengutuk keras aksi arogan oknum Satpol PP Pemkab Gowa dalam melakukan tugasnya saat penertiban razia PPKM.

Menurut Adnan Arsyad, Sekretaris IKAPPI Sulsel, pihaknya tentu menyesalkan aksi kekerasan oknum Satpol PP yang dilakukan terhadap pasangan suami istri pemilik Cafe.

Advertisement

“Tentu ini menjadi tanggung jawab kami secara organisasional, Pengusaha warung kopi menjadi bagian untuk kami lindungi dan memberikan pendampingan hukum, IKAPPI Sulsel akan mengawal persoalan ini hingga tuntas,” katanya ke wartawan di Makassar, Kamis (15/07).

Ia menyesalkan tindakan aparat yang emosional hingga main tangan memukuli warga, apalagi perempuan muda yang katanya lagi hamil. Seharusnya katanya aparat lebih humanis dan rasional dalam menyikapi dinamika masyarakat untuk menaati aturan pemerintah.

“Kita sangat menghargai komitmen aparat dalam hal ini Satpol PP dalam menegakkan aturan. Walaupun demikian tanggung jawab kita terhadap hukum tidak semestinya menghilangkan sisi kemanusiaan, mesti lebih sabar dalam menegur karena sejumlah aturan larangan selama PPKM bersinggungan dengan aspek mencari nafkah para pedagang dan pengusaha kecil,” tutur Pemuda asal Jeneponto ini.

Adnan juga meminta Kapolres Gowa untuk mengusut tuntas kasus penganiyaan dan kekerasan yang dilakukan anggota Satpol PP Gowa dan mempertanggung jawabkan tindakannya di muka umum. (**)

Advertisement