KST Berulah, 1 Personil TNI AD dan Pekerja Ditembak di Ilaga

201
Praka Fermansyah Satgas Lanud BKO Kodam XVll/Cendrawasih korban penembakan Kelompok Separatis Teroris (KST) pada hari Sabtu 19 Februari 2022, Pukul 07.35 WIT di Pasar Tradisional Ilaga, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak (Pos Bandara Aminggaru Ilaga).
Praka Fermansyah Satgas Lanud BKO Kodam XVll/Cendrawasih korban penembakan Kelompok Separatis Teroris (KST) pada hari Sabtu 19 Februari 2022, Pukul 07.35 WIT di Pasar Tradisional Ilaga, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak (Pos Bandara Aminggaru Ilaga).
Advertisement

LEGION NEWS.COM – Kelompok Separatis Teroris (KST) kembali lakukan kontak tembak dengan Satgas Lanud Pamtas RI-PNG di bandara Aminggaru Ilaga.

Kejadian tersebut berkangsung pada hari Sabtu 19 Februari 2022, Pukul 07.35 WIT di Pasar Tradisional Ilaga, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak (Pos Bandara Aminggaru Ilaga).

Kontak tembak antara Satgas Lanud BKO Kodam XVll/Cendrawasih dengan KSTP Puncak (Lid) arah tembakan diperkirakan dari hutan bawah Pos Runway 07 Bandara Aminggaru Ilaga.

Satu personil Satgas Lanud BKO dikabarkan terkenak tembakan bahu sebelah kiri. Praka Fermansyah dikabarkan dalam kondisi sadar dalam penanganan medis.

Advertisement

Setelah menembaki anggota TNI, kelompok separatis teroris ini dikabarkan membakar mess karyawan PT Martha Tunggal Teknik di Kali Ilame, Kampung Wako di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua pada Sabtu (19/2022) sore.

Pembakaran mess karyawan ini disebut-sebut terjadi bersamaan dengan penembakan karyawan PT MMT bernama Glen Sumampau.

Kepala Bidang Divisi Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal kepada Tribun-Papua.com mengatakan, KKB memberondong truk yang ditumpangi Glen saat berada di dekat Tugu Kago, Distrik Ilaga, sekira pukul 15.30 waktu setempat. Akibatnya, korban terkena peluru di bagian rusuk kiri tembus kanan atas.

“Setelah penembakan itu, anggota KKB langsung kabur ke arah tower di Kampung Nipuralome.

Tak lama kemudian, terlihat asap tebal dari arah Kali Ilame Kampung Wako yang merupakan mess karyawan PT MTT,” ungkap Kamal dalam rilis pers diterima Tribun-Papua.com, Minggu (20/2/2022).

Dia mengatakan, bangunan yang dibakar KKB sudah rata tanah. Seorang saksi yang melaporkan kejadian itu sempat mengintip dari jendela soal adanya sekelompok KKB berlari sambil teriak-teriak dan menenteng 3 pucuk senjata saat melintasi jembatan Kali Ilame.

“Saksi melaporkan kejadian itu ke petugas Polres Puncak. Saat itu posisinya terancam bersama rekan kerja lainnya,” kata Kamal.

Kini, aparat gabungan tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Sementara itu, Glen Sumampo yang menjadi korban penembakan masih dirawat di Puskesmas Ilaga.

Kondisinya masih stabil dan akan dievakuasi ke Timika hari ini untuk mendapatkan perawatan intensif.

Sebelumnya, KKB juga menembak Praka Fermansyah, prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Lanud Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) saat bertugas di Bandara Aminggaru, Sabtu (19/2/2022) pagi.

“Kami menyayangkan hal seperti bisa terjadi, karena kami TNI-Polri selalu berupaya melaksakan kegiatan dengan penuh kedamaian. Akan tetapi KKB masih saja melakukan kekerasan terhadap TNI-Polri dan masyarakat,” kesal Kamal.

Karena itu, pihaknya akan mengambil tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku teror secara brutal menggunakan senjata api. (LB/Tribun)

Advertisement