JIS Batal Jadi Laga Timnas, PSSI Sebut Tidak Memenuhi Standar FIFA, Netizen?

Jakarta International Stadium di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, Indonesia.
Jakarta International Stadium di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, Indonesia.
Advertisement

MAKASSAR – Akhir bulan September 2022 PSSI bakal menggelar pertandingan internasional. Semula merencanakan dua pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September dan JIS pada 27 September, namun belakangan dikabarkan JIS dicoret.

Dicoretnya Jakarta International Stadium (JIS) sebagai tempat laga internasional, akun media sosial milik Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen PSSI Yunus menjadi sasaran netizen.

Warganet lantas membandingkan Stadion Pakansari dengan Jakarta International Stadium (JIS) yang disebut PSSI belum layak menggelar pertandingan sekelas FIFA matchday.

Netizen menyindir PSSI yang lebih memilih Stadion Pakansari ketimbang JIS sebagai venue.

Advertisement

Sederet akun menyoroti PSSI mementingkan harga sewa yang murah. Selain itu netizen juga menyatakan kualitas lapangan yang buruk akan disorot oleh dunia sepak bola, termasuk negara tetangga.

Tak tanggung-tanggung, netizen juga menyematkan akun kedua orang pengurus PSSI tersebut di timeline dan kolom komentar.

Hal lain yang turut menggema adalah mengenai dugaan M Iriawan yang ingin menggelar laga di Jawa Barat seiring isu menuju kursi Gubernur Jawa Barat.

PSSI beralasan ada beberapa poin yang tidak bisa dipenuhi JIS untuk menggelar pertandingan sekelas FIFA matchday seperti bagian concourse atau tempat pertemuan penonton, bagian perimeter stadion, serta lokasi penurunan pemain yang akan bertanding.

Di sisi lain pengelola JIS PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menegaskan stadion baru tersebut sudah memenuhi syarat sebagai stadion standar FIFA.

Sabtu (10/9) malam Stadion Pakansari berlangsung pertandingan Liga 1 mempertemukan Rans dan Persik.

Saat laga berlangsung hujan deras yang mengguyur kawasan Cibinong, Bogor, Sabtu malam itu.

Netizen pun ramai membicarakan kondisi drainase lapangan yang sedang dipertimbangkan menggelar pertandingan FIFA matchday Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September mendatang. (**)

Advertisement