Jelang Musorprov KONI Sulsel, Faktanya Roem Belum Nyatakan Mundur, Antara Aklamasi dan Voting

Calon Ketua KONI Sulsel Yasir Machmud saat menemui H.M.Roem di kediaman mantan Ketua DPRD Suls3l, Rabu 09 Maret 2022.
Calon Ketua KONI Sulsel Yasir Machmud saat menemui H.M.Roem di kediaman mantan Ketua DPRD Suls3l, Rabu 09 Maret 2022.

LEGION NEWS.COM – Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Sulawesi Selatan berlangsung Jumat (26/3/2022) pukul 10.00 di Novotel hotel Jl. Chairil Anwar Makassar.

Musorprov KONI bakal dibuka langsung oleh gubernur Sulsel Andi Sudirman.

Walaupun penyelenggaraan Musorprov KONI Sulsel ini sempat terkendala dengan masalah dana dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Namun Pengurus KONI Sulsel dalam rapatnya, Rabu (23/3/2022) memutuskan tetap melaksanakan Musorprov ini meskipun dalam suasana keterbatasan.

Musorprov KONI Sulsel disebut-sebut bakal tidak mengalami kendala. Kabar beredar Yasir Mahmud bakal terpilih secara aklamasi nantinya.

Advertisement

Namun hal ini dibantah oleh salah satu mantan pengurus KONI Sulsel Nukhrawi Nawir.

Mantan Sekertaris KONI Sulsel ini saat dihubungi awak media mengatakan, “Kalau saya ditanya bisa aklamasi bisa juga tidak, tergantung dinamika yang terjadi pada Musorprov,” tulis pesan whatsapp Nukhrawi kepada awak media. Kamis, (24/3) sore.

Pasalnya, “Yang memegang kuasa penuh dalam Musorprov besok (Jumat) adalah semua peserta Musorprov yang sudah dimandatkan oleh Pengprov Cabor dan KONI Kabupaten-Kota Se Sulsel,”

Saat ditanya apabila peserta mandat menginginkan pemilihan melalui sistem pemilihan, “Kalau ada yang menghendaki dengan sistem vote itu adalah hak peserta karena peserta yang punya hak mengajukan usul dan kalau diterima oleh forum itu bisa saja terjadi,” tutur mantan Sekum KONI Sulsel ini.

Diketahui sampai dengan saat ini Mohammad Roem, salah satu calon ketua KONI Sulsel tidak dapat mengundurkan diri dalam pencalonan. Pada sisi lain mantan ketua DPRD Sulsel dua periode ini tidak ada jalan untuk mundur dalam pencalonan, mengingat sesuai denga aturan saat penjaringan dan penyaringan calon tidak dapat mundur. Sebelum dibuka sidang Musorprov.

Hal berbeda disampaikan oleh Sekertaris KONI Sulsel Dahlan Abu Bakar, kepada awak media legion-news.com Kamis malam.

“Musorprov KONI Sulsel kemungkinan berjalan aklamasi,” kata Sekertaris KONI Sulsel melalui sambungan telpon.

“Dengan melihat beberapa Pengurus Cabang Olahraga dan Olahraga Fungsional saat ini tengah menjalin komunikasi dengan Yasir Mahmud,” kata Dahlan Abu Bakar.

“Gubernur berkeinginan Yasir Mahmud memimpin KONI Sulsel, Pak gubernur inikan ngak ada wakilnya, Jadi berharap pak Roem tetap bersama gubernur di Tim TGUPP,” tandasnya

Dalam Musorprov KONI nantinya Suara yang diperebutkan 24 Koni Kabupaten-Kota dan 50 Pengprov Cabor. (Let).

Advertisement