Jaga Kearifan Lokal, KNPI Makassar akan Gelar Pawai Obor pada 3 Kecamatan

MAKASSAR – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar melalui pengurus di tingkat kecamatan akan menyemarakkan malam lebaran Idul Fitri 1445 dengan pawai obor.

Ketua DPD KNPI Makassar Hasrul Kaharuddin mengatakan, pawai obor tersebut digelar di tiga kecamatan. Masing-masing di Kecamatan Biringkanaya, Tamalate dan Manggala.

“Insya Allah, di malam takbiran nanti Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI akan pawai obor menyambut Idul Fitri. Kita lakukan hanya pada tiga kecamatan,” ujar Hasrul Kaharuddin saat ditemui wartawan di kawasan Panakkukang, Makassar, Jumat (05/04/2024).

Pria yang akrab disapa Bung Arul ini menjelaskan, pawai obor merupakan agenda rutin KNPI Makassar dalam beberapa tahun terakhir setiap menyambut Idulfitri.

Advertisement

Bung Arul menyebut pawai obor DPK KNPI Makassar sebagai upaya menjaga tradisi keislaman di Indonesia. Pawai berjalan kaki sembari membawa obor berbahan bambu, dianggap bagian dari kearifan lokal.

“Sebagai pemuda, tradisi pawai obor ini harus kita jaga. Ini juga membuktikan KNPI Makassar tetap eksis di tengah-tengah masyarakat,” kata Arul.

Amaliah Ramadan di Setiap Kecamatan

Selain pawai obor, 15 DPK KNPI Makassar dalam beberapa hari ke depan akan menggelar amaliah ramadan. Hal ini dilakukan setelah pengurus tingkat kota melakukan hal yang sama.

“Nantinya sampai hari terakhir ramadan, pengurus di 15 kecamatan akan menggelar amaliah ramadan. Kegiatan ini turun ke kecamatan setelah kita buat di kantor KNPI Makassar,” kata Bung Arul.

Arul menyebut, amaliah ramadan DPK KNPI se-Kota Makassar akan diisi dengan kegiatan sosial seperti membagikan takjil buka puasa kepada masyarakat.

“DPK nanti akan melibatkan OKP di tingkat kecamatan dan pemerintah setempat sebagai bentuk sinergi di antara pemuda,” pungkas Arul. (**)

Advertisement