Harmonisasi Kepala Desa dan BPD Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Sawahlunto

Advertisement

JAKARTA || LegionNews– Dalam rangka memahami pola harmonisasi Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kota Sawahlunto, Lembaga Pengkajian Keuangan dan Otonomi Daerah (PK-OTDA) melaksanakan bimbingan tekhnis (Bimtek)  Implementasi Permendagri 110 Tahun  2016 serta harmonisasi Pemdes dan BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa yang diselenggarakan di Abadi Suite Hotel & Tower Kota Jambi, Kamis (03/12).

Kegiatan acara ini yang berlangsung selama 4 hari dibuka langsung oleh Bapak Walikota Sawahlunto, Deri Asta, SH. Dalam sambutannya Pak wali mengharapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan ditingkat paling bawah ini sangat  mempercayakan kepada Pemdes dan BPD dalam mengatur tatanan pemerintahan di wilayah kerjanya, oleh karenanya harmonisasi pemerintahan desa dan BPD ini sangat diharapkan seperti halnya dalam perencanaan peraturan desa (Perdes) maka harus satu frekuensi dan saling mensupport satu sama lain.

Begitu pula juga dengan Kepala Dinas PMD Kota Sawahlunto, Bapak Dedi Sahendri dalam sambutannya bahwa dalam pelaksanaan pemerintahan desa harus sejalan dan tetap dalam tugas fungsi masing-masing, sedangkan Ketua Forum Desa Bapak Edy Narwin Dulay Juga dalam sambutannya tetap mengharapkan bimbingan dan arahan kepada Bapak Walikota dan Kepala PMD untuk selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada Kepala-kepala Desa.

Dalam acara bimtek ini Sekretaris Jenderal PK-OTDA, M.Yunus Arifuddin yang ditemui dilokasi mengatakan bahwa “lembaganya menghadirkan pemateri dari dua Kementerian yaitu Bapak Ir. Bambang Apriyanto, MMT dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI dan Ibu Isti Khoriana Karim, SE dari Bina Pemdes Kementerian dalam Negeri RI, kita mengharap sebagai lembaga penyelengara mengharapkan para peserta bisa puas dalam menyimak materi yang di paparkan oleh para pembicara,” tegas Yunus.

Advertisement

Dalam sesi terahir PK-OTDA yang diwakili oleh Sekjend, M.Yunus Arifuddin mendapat Cendramata dari Bapak Walikota Sawahlunto sebagai penghargaan kepada Lembaga yang membantu Pemkot dalam pengembangan Sumber Daya Manusia di Kota Sawahlunto. (**)

Advertisement