Hadiri Penutupan Papernas ke XVI, Presiden Jokowi Borong Tas Noken

FOTO: Presiden Jokowi menghentikan kendaraannya di Pasar Noken Taman Imbi untuk membeli Noken dan kerajinan khas Papua. Sabtu (13/11/2021)
FOTO: Presiden Jokowi menghentikan kendaraannya di Pasar Noken Taman Imbi untuk membeli Noken dan kerajinan khas Papua. Sabtu (13/11/2021)
Advertisement

LEGION NEWS.COM, JAYAPURA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam kunjungan kerjanya di Jayapura, Papua untuk kegiatan penutupan Papernas ke XVI.

Dalam perjalanan usai menyaksikan pertandingan Judo Peparnas ke-16 Papua di GOR Trikora Jayapura menuju GOR Cendrawasih, Sabtu (13/11/2021), Presiden Jokowi menghentikan kendaraannya di Pasar Noken Taman Imbi untuk membeli Noken dan kerajinan khas Papua.

Di luar agenda yang telah dijadwalkan, Presiden Jokowi dan rombongan singgah di Pasar Noken Taman Imbi Jayapura.

Presidden berkesempatan memborong noken atau tas kerajinan khas Papua di Pasar Noken Taman Imbi, Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021).

Advertisement

Mama-mama penjual pun terlihat sangat senang Jokowi membeli banyak noken.

Para mama yang berjualan di pasar tersebut pun mengaku senang, Presiden Jokowi mampir dan berbelanja di sana. Apalagi rombongan Presiden termasuk anggota Paspampres juga ikut membeli tas khas Papua tersebut dan langsung memakainya.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Jokowi belanja noken juga dilakukan saat mengunjungi Papua untuk pembukaan PON XX, Jumat (1/10/2021). Tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Jokowi langsung memakai noken. Ia juga disambut dengan tarian selamat datang khas Sentani dengan iringan tetabuhan tifa

Rangkaian kendaraan Jokowi sempat berhenti sesaat di pinggir jalan dalam perjalanan menuju hotel tempat peristirahatan.

Rupanya, Presiden Jokowi hendak membeli noken, yakni tas tradisional asli Papua yang terbuat dari serat bambu dari mama-mama atau ibu-ibu penjual di Jalan Raya Hawai Sentani. Setelah melihat-lihat dan memilih, ia pun membeli noken. (LN)

Advertisement