Hadapi KKB, ini Operasi Terbaru TNI-Polri di Bumi Cendrawasih

FOTO: Teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua
FOTO: Teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua

LEGION NEWS.COM, JAKARTA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terus melakukan aksi nya terbaru, KKB melakukan kontak tembak dengan TNI di kabarkan dua anggota TNI tertembak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Minggu (7/11). Keduanya pun telah dievakuasi ke Timika.

Kedepan operasi keamanan yang baru di Papua akan disusun pada awal 2022 menyusul rencana calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memakai pendekatan ‘memenangkan pertempuran tanpa peperangan’ di Bumi Cendrawasih.

“Mulai awal Januari 2022 akan kita susun operasi baru. Tentunya dengan pola yang akan kita rumuskan Desember nanti,” kata Asisten Operasi Kapolri Irjen Imam Sugianto saat dikonfirmasi, Selasa (9/11).

Namun, Imam menyebut untuk saat ini pihaknya masih menerapkan pola yang sama. Terlebih, Operasi Nemangkawi masih berjalan dan baru akan berakhir pada Desember 2021.

Advertisement

“Kita akan koordinasi lanjut nanti dengan TNI untuk susun pola yang terbaik selesaikan Papua,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus menyebut bahwa Andika Perkasa akan memakai pendekatan lunak di Papua lewat skema “memenangkan pertempuran tanpa peperangan”

“Prinsip beliau disampaikan tadi bagaimana memenangkan pertempuran tanpa peperangan. Artinya ada pendekatan lunak yang dia lakukan, pendekatan sosial,” kata dia kepada wartawan usai fit and proper test, di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Sabtu (6/11). [LN/CNN]

Advertisement