Fakultas Pertanian UKI Toraja Paparkan Hasil Survei Desa Binaaan Lembang Buntudatu

125
Advertisement

MAKALE || LegionNews- Fakultas Pertanian UKI Toraja melalui Tim kerja Desa Binaan melakukan Seminar hasil Survei Program desa Binaan di depan Masyakarat lembang buntu datu Kecamatan Mengkendek.

Kegiatan yang dihadiri oleh Dosen dari Fakultas Pertanian ini mendapat respon yang sangat luar biasa dari Masyarakat lembang buntu datu.

Kepala Lembang Buntu Datu Dahlan menyampaikan masyarakat kami sebagian besar adalah Petani dengan adanya pedampingan dari Fakultas Pertanian UKI Toraja.

“Saya pikir pertanian di Lembang kami pasti akan maju sebab selama ini masyarakat buntu datu hanya bisa menanam saja tapi untuk hasil dari hasil tanamannya kadang tidak maksimal maka dari itu dengan hadirnya UKI Toraja di lembang kami melalui program desa binaan maka kami yakin pertanian di lembang kami akan maju,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian Driyunitha menyampaikan dilembang Buntu Datu kami akan membantu mengembangkan Tanaman Cabe, Jahe merah dan beberapa jenis tanaman lainnya.

“Tadi beberapa perwakilan dari Petani sudah menyampaikan persoalan yang dihadapi selama ini. Terutama masalah hama dan hasil pertanian yang kadang belum maksimal ketika dipanen,” ujarnya.

Lebih lanjut katanya, Itulah tugas kami nantinya akan membuat beberapa kebun percontohan dengan berbagai jenis tanaman yang akan dikembangkan dan cara menangkal hama agar tidak merusak tanaman yang ditanam oleh petani.

Yusuf Limbongan Wakil Dekan Fakultas Pertanian menambahkan terkait persoalan pengairan menuju kebun masyarakat nanti akan ada teknik yang akan kita gunakan sehingga ketika musim kemarau kebun petani akan tetap akan subur dan pasti hasil panen petani akan berkualitas sehingga di pasaran tetap laris dan bisa bersaing.

Diketahui kegiatan Desa Binaan antara Fakultas Pertanian UKI Toraja ini berjalan selama 3 tahun mulai dari pendampingan bercocok tanam, teknis pelaksanaan bercocok tanam yang baik, pengembangan tanaman yang sesuai dengan kondisi tanah di Buntudatu dan pemasaran produk hasil tani. (**)