Edukasi: Kepemimpinan Angela Merkel tidak Menunjuk Kerabatnya untuk Posisi Jabatan, Tinggal di Apartemen Biasa

336
Angela Merkel disumpah menjadi Kanselir Jerman untuk kali keempat pada 14 Maret 2018. (AP Photo/Michael Sohn)
Advertisement

Oleh: Alexander Zinser Kepala Bagian Hukum; iur., EMBA HSG, Pengacara (kualifikasi DE dan CH)

LEGION-NEWS, Edukasi – Sebagai warga negara Jerman, saya bangga dengan Kanselir kami, Nyonya Angela Merkel. Kanselir wanita pertama Jerman dan telah banyak digambarkan sebagai pemimpin “de facto” Uni Eropa dan wanita paling kuat di dunia.

Angela Merkel dipilih oleh orang Jerman untuk menjadi Kanselir mereka pada tahun 2005. Selama lebih dari 16 tahun ia menunjukkan contoh kepemimpinan yang luar biasa dengan keterampilan, dedikasi, dan ketulusan.

Selama enam belas tahun berkuasa, tidak ada pemberontakan di negaranya. Dia tidak menunjuk salah satu kerabatnya untuk posisi negara. Dia tidak mengklaim sebagai pencipta kemuliaan.

Advertisement

Jerman akan mengucapkan selamat tinggal kepada pemimpinnya, fisikawan dan ahli kimia kuantum, yang tidak tergoda oleh mode atau lampu dan tidak membeli real estat, mobil, kapal pesiar, dan jet pribadi. Dia akan meninggalkan jabatannya setelah meninggalkan Jerman di posisi teratas. Dia akan pergi dan orang yang dicintainya tidak mengklaim manfaat.

Selama enam belas tahun, dia tidak pernah mengubah gaya pakaiannya. Pada konferensi pers, seorang jurnalis bertanya kepada Merkel: ”Kami menyadari bahwa Anda mengenakan setelan yang sama, tidakkah Anda memiliki yang lain?» Dia menjawab: “Saya seorang pegawai negeri, bukan model.”

Dalam konferensi pers lain, mereka bertanya kepadanya: “Apakah Anda memiliki ibu rumah tangga yang membersihkan rumah Anda, menyiapkan makanan, dll.” Tanggapannya adalah: “Tidak, saya tidak punya pelayan atau membutuhkan mereka. Saya dan suami melakukan pekerjaan ini setiap hari di rumah.”

Kemudian wartawan lain bertanya: “Siapa yang mencuci pakaian, Anda atau suami Anda?” Tanggapannya adalah: “Saya sedang memperbaiki pakaian dan suami saya yang menjalankan mesin cuci.”

Merkel tinggal di apartemen biasa seperti warga lainnya. Dia tinggal di apartemen ini sebelum terpilih sebagai Kanselir Jerman.

Dia tidak meninggalkannya dan dia tidak memiliki satu pun vila, rumah, kolam renang, taman.

Angela Merkel, kanselir ekonomi terbesar di Eropa, akan selalu menjadi contoh kepemimpinan yang hebat, didorong oleh nilai-nilai, prinsip tanpa pamrih, fakta, dan empati. [Dilansir dari linkedin.com]

Advertisement