Dukung Program Smart City, Pemkab Bulukumba Jalin Kerja Sama Dengan BNI

FOTO: Bupati Muchtar Ali Yusuf saat mendatangani Program Smart City, Pemkab Bulukumba dengan PT. BNI
FOTO: Bupati Muchtar Ali Yusuf saat mendatangani Program Smart City, Pemkab Bulukumba dengan PT. BNI
Advertisement

LEGION NEWS.COM, BULUKUMBA – Wujud komitmen untuk memberikan solusi yang berintegrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam tata Kelola Pemeritah yang efisien dalam pemanfaatan fasilitas dan layanan perbankan, Pemerintah Kabupaten Bulukumba menjalin kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) guna mewujudkan Smart City.

Kerja sama tersebut tertuang melalui penandatanganan MoU atau kesepakatan bersama yang ditandatangani Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf dengan Pimpinan PT BNI Wil VII Hadi Santoso yang disaksikan Asisten dan Staf Ahli Bupati, sejumlah Kepala OPD, dan Jajaran Kantor BNI Bulukumba, selasa (19/10/2021) di Ruang Rapat Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Hadi Santoso memaparkan bahwa pemanfaatan layanan Integrated Cash Manajemen dan Layanan BNI Direct merupakan salah satu bagian dari layanan BNI Smart City, dimana Smart City adalah salah satu konsep pengembangan perkotaan berbasis teknologi digital atau informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya, serta untuk terlibat lebih efektif dan aktif dengan masyarakat.

Dirinya menambahkan, pengembangan BNI Smart City memberikan kemudahan bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan transparansi public melalui sistem elektronik dalam kegiatan pemerintahan, serta memudahkan dalam efisiensi pengelolaan sistem.

Advertisement

“dengan layanan BNI Smart City ini, akan mewujudkan layanan perbankan unggulan berbasis digital dan infrastruktur yang handal. di BNI kami juga berkomitmen untuk memberikan solusi bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan kota cerdas atau Smart City,” ucap Hadi.

Merespon hal tersebut, Bupati Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi serta mendukung adanya Program Smart City. Bupati menilai dengan program tersebut dapat memaksimakan penyediaan layanan pembayaran pajak dan retribusi daerah.

“untuk BNI saya ucapkan terimakasih, yang mana ini tentu merupakan bentuk perhatian dan support BNI kepada Pemkab Bulukumba,” ucap Bupati.

Adapun solusi yang diberikan oleh BNI antara lain, Solusi Pembayaran/Belanja Daerah (Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit), Solusi Penerimaan (e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, dan e-Retribusi), BNI Marketplace yang membantu pemerintah kota/kabupaten dalam mempromosikan pariwisata daerah dan produk-produk UMKM dan memasarkan secara online. Serta Penyediaan oembayaran digital melalui BNI Mobile Banking, TapCash dan QRIS bagi masyarakat dan pemerintah daerah, untuk meningkatkan transaksi non tunai atau cashless society.

Olehnya itu, Bupati juga menilai dengan adanya program Smart City tersebut diharapkan terealisasi secepatnya sehingga dapat mempermudah dalam pengelolaan keuangan berbasis digital serta bisa menjadi solusi dalam mengelola belanja daerah maupun penerimaan pendapatan daerah.

“saya kira Smart City ini bisa membantu dalam memberikan solusi meningkatkan PADnya kita, sehingga kedepan dengan sistem digitalisasi ini saya rasa bisa menjadi salah satu cara mengelola pendapan daerah,” Jelas Bupati Andi Utta.

Sebagai bentuk partisipasi untuk kemajuan daerah Bulukumba terutama dalam penanganan sampah, PT BNI (Persero) Tbk juga menyerahkan 2 unit motor pengangkut sampah yang di serahkan langsung oleh Pimpinan PT BNI Wil VII kepada Pemkab Bulukumba yang diterima langsung oleh Bupati H. A. Muchtar Ali Yusuf.

Advertisement