Dukung Program 100 Kerja Bupati dan Wabup, DTPHP Bulukumba Beri 7000 Bibit Cengkeh ke 7 Kelompok Tani

Foto Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf, menyerahan bibit cengkeh kepada perwakilan kelompok tani di Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang, Kamis, (8/4/ 2021)
Advertisement

BULUKUMBA||Legion-news.com Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan atau DTPHP, dukung program 100 hari kerja, Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, sebanyak 7000 pohon bibit cengkeh varietas Zanzibar siap dibagikan

Bantuan bibit cengkeh diperuntukkan bagi tujuh Kelompok Tani, yang Ada di empat kecamatan. Diantara nya Kecamatan Kindang, Gantarang, Bulukumpa dan Rilau Ale.

Penyerahan bibit diserahkan langsung Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf, di Desa Benteng Palioi, Kecamatan Kindang, Kamis, (8/4/ 2021)

Hadir mendampingi Wabup, Ketua DPRD, H. Rijal, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Bulukumba, Emil Yusri

Advertisement

Emil Yusri dalam sambutanya menyampaikan bahwa, “cengkeh adalah komoditas unggulan tanaman perkebunan yang banyak diminati dan saat ini mengalami tren peningkatan produksi dalam empat tahun terakhir sejak 2017.”

Lanjut, “Data menunjukkan perolehan hasil dari cengkeh mencapai 367 ton pada tahun 2017 lalu, pada tahun 2020 ada peningkatan” kata Emil.

“Nilainya mencapai 719,99 ton dengan luas areal di empat kecamatan 6.944 hekto are dengan produksi rata-rata 300 kg cengkeh kering perhektar tutur Kadis DTPHP Bulukumba.

Lanjut nya dihadapan Wabup dan Ketua DPRD Bulukumba, “Permasalahan yang dihadapi adalah kerusakan tanaman dan usia pohon cengkeh yang sudah tua sehingga perlu untuk direhabilitasi dan intensifikasi sebanyak 965 ha, dengan kebutuhan bibit sebanyak 62.725 pohon.”

Pasal nya, Alokasi bantuan untuk perluasan lahan, rehabilitasi dan intensifikasi saat ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten dan Provinsi

Ditempat yang sama Wakil Bupati Bulukumba H.A. Edy Manaf menyampaikan kondisi agroklimat di Butta Pantrita Lopi, sangat memungkinkan untuk pengembangan berbagai jenis tanaman perkebunan termasuk cengkeh yang banyak diminati.

“Mengingat harga cengkeh saat ini sangat menjanjikan, potensi ini perlu untuk didukung oleh pemerintah dengan memberikan bantuan baik dari pusat melalui APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten.”

“Hal yang tak kalah pentingnya adalah sumberdaya manusia dalam hal ini petani yang dapat mengelola kegiatan perkebunan cengkeh harus selalu ditingkatkan dan di motivasi agar produktifitasnya dapat berdaya saing, tutup Edy Manaf. (**)

Advertisement