Di Papua Barat, Wakil Ketua KPK Lakukan Pertemuan dengan APIP

Foto Wakil Ketua KPK Alexander Marwata hadir dalam rapat koordinasi dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) se-Papua Barat di Kantor Gubernur Papua Barat, Rabu, 24 Februari 2021.
Advertisement

MANOKWARI||Legion-news.com Wakil Ketua KPK Alexander Marwata hadir dalam rapat koordinasi dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) se-Papua Barat di Kantor Gubernur Papua Barat, Rabu, 24 Februari 2021.

Alex menjelaskan bahwa salah satu strategi KPK dalam memberantas korupi adalah dengan perbaikan sistem yang akan menutup celah bagi siapapun untuk berbuat korupsi, termasuk aparat. Hal ini akan lebih maksimal jika didukung dengan sinergitas seluruh pemangku kepentingan.

Dalam melakukan pencegahan di pemerintah daerah, KPK mempunyai delapan (8) area intervensi, yaitu Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Penerimaan Daerah, Manajemen Aset Daerah, dan Dana Desa.

KPK berharap inspektorat menjadi garda terdepan dalam tata kelola dan pemda senantiasa mendukung peningkatan kapasitas, kapabilitas dan independensi APIP. Misalnya dalam hal PBJ, KPK berharap APIP selalu mendampingi guna memitigasi potensi tindak pidana korupsi. (Ln)

Advertisement

Advertisement