Bupati Andi Utta Serahkan Bantuan Tunai kepada PKL

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Aula Makodim 1411 Bulukumba, Rabu, 18 Mei 2022.
Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Aula Makodim 1411 Bulukumba, Rabu, 18 Mei 2022.

LEGION NEWS.COM – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Aula Makodim 1411 Bulukumba, Rabu, 18 Mei 2022.

Pada kesempatan itu, bupati yang akrab disapa Andi Utta mengajak para penerima bantuan untuk membangkitkan gairah ekonomi.

Menurut bupati, pandemi Covid-19 sudah agak membaik. Dengan begitu katanya, kelonggaran aktivitas usaha pun punya ruang yang semakin baik.

“Saatnya kita berupaya bangkit kembali untuk pertumbuhan ekonomi,” kata Andi Utta menyupport pelaku usaha mikro yang mendapat BLT.

Advertisement

Andi Utta menuturkan, inti masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) adalah ekonomi. Begitupun dampak paling besar dari pandemi Covid-19 adalah soal ekonomi.

“Covid ini sangat berdampak bagi ekonomi dan dirasakan dari sabang sampai merauke,” ujarnya.

Ia juga menyebut tujuan dari bantuan itu, sebagai sarana pengembangan usaha ataupun penyelamatan usaha, bukan kredit maupun untuk mengembalikan dana.

“Kami harap bantuan ini dapat meringankan beban dan usaha mikro bertahan. Tidak untuk disalahgunakan, betul-betul untuk meningkatkan produktifitas usaha mikro yang ada selama ini,” kata Andi Utta.

Sementara, Dandim 1411 Bulukumba Letkol CZI Dendi Rahmat Subekti, menyampaikan bahwa bantuan tunai itu, sebagai pengganti minyak goreng yang sumber anggarannya dari negara.

“Sumber anggarannya bukan TNI. Kami hanya mendapat kepercayaan untuk membagikan 4000 orang yang terbagi di 10 kecamatan,” ujarnya.

Ia menjelaskan sasaran bantuan tersebut, yaitu pedagang kaki lima dan warung menengah ke bawah dan dibagikan Rp 300 ribu per orang, yang didistribusikan paling lama lima hari.

Dandim mengaku bahwa pendataan itu faktual dan sangat transparan. Sebab, pendataan oleh Babinsa yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas itu, benar-benar menyerahkan dokumentasi dan video.

“Terimakasih atas semua dukungannya dalam proses penyaluran bantuan ini. Baik dari pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, dan terutama pemerintah desa,” jelasnya.

Untuk diketahui penyerahan simbolis oleh Bupati Bulukumba di Makodim adalah PKL dari Kecamatan Ujung Bulu dan Ujungloe. Turut hadir Wakil Bupati Andi Edy Manaf, dan Kajari Cahyadi Sabri.(*)

Advertisement