Buka Pembekalan Peserta Jamnas, Wabup Edy Manaf: Gerakan Pramuka Adalah Investasi Generasi Masa Depan

26
FOTO: Wakil Bupati Andi Edy Manaf selaku Ketua Kwarcab Pramuka Bulukumba
FOTO: Wakil Bupati Andi Edy Manaf selaku Ketua Kwarcab Pramuka Bulukumba
Advertisement

LEGION NEWS.COM – Keluarga Besar Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Bulukumba menggelar Halal Bilhalal yang dirangkaikan dengan Pembukaan Pembekalan Calon Peserta yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke XI di Bumi Perkemahan Cibubur Jakatan pada Agustus 2022 mendatang.

Sebanyak 16 siswa SD dan SMP, 8 putra dan 8 putri yang akan mewakili Kabupaten Bulukumba pada Jamnas tersebut. Rata-rata mereka terpilih karena berhasil juara pada event Cikal Competition yang digelar sebelumnya.

Pembina Kwarcab Pramuka Zulkifli Hafid mengungkapkan selama dua hari para calon peserta akan dibekali dasar-dasar kepramukaan. Setelah itu, mereka akan kembali dibina di gugus depannya masing-masing selama dua minggu.

“Setelah dua minggu kami kembali akan memanggil untuk dilatih sambil mengevaluasi perkembangannya yang dikemas dalam kegiatan Persami (perkemahan Sabtu-Minggu),” ungkap Zulkifli saat acara pembukaan pembekalan dan halal bilhalal di Sekretariat Kwarcab Pramuka Bulukumba, Jumat 13 Mei 2022.

Advertisement

Selain materi pengetahuan dasar, pihaknya lanjut Zulkifli akan memberikan pengalaman di lapangan atau alam terbuka. “Rencananya lokasi perkemahan kita akan lakukan di Lembah Biru, Pantai Lemo-Lemo dan di Puncak Donggia Kahayya,” bebernya.

Wakil Bupati Andi Edy Manaf selaku Ketua Kwarcab mengharapkan para calon peserta Jamnas tersebut memanfaatkan kesempatan ini sebagai pengalaman yang berharga, karena tidak semua anggota Pramuka mampu mengikuti ajang Jambore Pramuka tingkat nasional ini sebagai jenjang yang penting di kepramukaan.

“Kita berharap peserta Jambore dari Bulukumba mampu memberi warna dan mampu mengharumkan nama baik Bulukumba di ajang nasional ini,” ungkapnya.

Dikatakan wadah Gerakan Pramuka sesungguhnya merupakan bentuk investasi masa depan generasi muda. Di semua tingkatan pendidikan mulai SD sampai perguruan tinggi, Gerakan Pramuka selalu ada.

“Anggota Pramuka adalah generasi muda calon pemimpin masa depan,” bebernya.

Dirangkaian acara halal bilhalal tersebut, dai muda Andi Ningrat diundang untuk membawakan tausiah atau hikmah Halal-bilhalal.(*)

Advertisement