Bom Bunuh Diri Tewaskan Puluhan Orang Dalam Masjid di Afghanistan

FOTO: Kondisi masjid usai terjadinya serangan bom bunuh diri di provinsi Kunduz timur laut Afghanistan pada Jumat, (8/10). [Reuters]
FOTO: Kondisi masjid usai terjadinya serangan bom bunuh diri di provinsi Kunduz timur laut Afghanistan pada Jumat, (8/10). [Reuters]

Ditulis oleh Charlotte Greenfield dan Alasdair Pal; Diterjemahkan tim admin legion-news.com

LEGION NEWS.COM, KABUL – Seorang pembom bunuh diri menyerang sebuah masjid di provinsi Kunduz timur laut Afghanistan pada Jumat, (8/10/2021) menewaskan sejumlah jemaah dalam serangan ketiga negara itu minggu ini terhadap sebuah lembaga keagamaan.

Negara Islam mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang menurut kantor berita pemerintah Bakhtar telah menewaskan 46 orang dan melukai 143 orang. Dua pejabat kesehatan mengatakan kepada Reuters bahwa jumlah korban tewas bisa antara 70 dan 80.

Rekaman video menunjukkan mayat-mayat dikelilingi oleh puing-puing di dalam masjid, yang digunakan oleh komunitas minoritas Muslim Syiah.

Advertisement

Ledakan itu, yang misi PBB di Afghanistan sebut sebagai bagian dari pola kekerasan yang mengganggu, terjadi dalam beberapa hari terakhir di sebuah masjid di Kabul dan sebuah sekolah agama di provinsi timur Khost.

Ada serangan serupa dalam beberapa pekan terakhir, beberapa di antaranya juga diklaim oleh ISIS, yang pejuangnya adalah Muslim Sunni.

Serangan itu menggarisbawahi tantangan keamanan yang dihadapi Taliban, yang mengambil alih negara itu pada Agustus dan sejak itu melakukan operasi terhadap sel-sel ISIS di Kabul.

Diedit oleh Philippa Fletcher dan Andrew Heavens, Reuters Pelaporan oleh ruang redaksi Kabul dan Islamabad;

Advertisement