Awal Tahun 2021 Surat Kabar Indo Pos dan Tempo Hentikan Penerbitan

Foto ilustrasi koran cetak
Advertisement

JAKARTA||Legion-news.com Pola masyarakat Indonesia saat ini telah bergeser terutama dalam mencari informasi, di era digitalisasi saat ini, Kencederungan masyarakat dalam mengupdate informasi lebih pada, Media daring, informasi lebih cepat diakses.

Hal ini tentunya sangat berpengaruh kepada media cetak yang terus mengalami penurunan oplah, Pembaca lebih cenderung mendapatkan informasi perkembangan terkini melalui Smartphone yang ia gengam ditangannya.

Awal tahun 2021 ini, Giliran Koran Tempo dan Indo Pos berhenti terbit. Hal terasa lain dari biasanya. Pengecer koran berkurang semangat dalam menjajakan dagangannya. Ada yang hilang di lapak penjual koran dan di lampu merah.

Apa itu? Ya sejak Januari 2021 telah berhenti terbit dan beredar di pasaran, dua koran nasional yang cukup banyak pembacanya. Yakni surat kabar harian Koran Tempo (Majalah Tempo Grup) dan Indo Pos (Jawa Pos Grup). dikutip dari Viva.co.id

Advertisement

Bedanya, kalau Koran Tempo beralih dari cetak ke online. Sehingga masih bisa ditemukan dalam bentuk digital. Sementara Indo Pos, sama sekali berhentu terbit dan tidak lagi mengunjungi pembacanya.

“Sebenarnya harian Indo Pos sudah tidak terbit pada tanggal 30 Desember lalu. Saya kira hanya libur akhir tahun. Ternyata libur selama-lamanya,” kata Joko Intarto, salah satu pendiri Indo Pos, mantan wartawan senior Jawa Pos.

Menurut JTO, sapaan akrab sekaligus inisial nama Joko Intarto, PT Tunas Intermedia Globe sebagai pemegang 80% saham PT Indopos Intermedia Press, menyatakan lempar handuk. Dengan kondisi itu penerbitan harian Indo Pos tidak akan berlanjut.

Harian Indo Pos didirikan JTO bersama Irwan Setyawan pada bulan Februari 2003. JTO sempat memimpin koran ini hingga 2007. Dari kantor menumpang hingga bisa menempati gedung 4 lantai milik sendiri di Jakarta. (**)

Advertisement