Aplikasi KineMaster, Membuka Tabir Bocornya Video Viral Rapat Virtual DP dan NH

MAKASSAR, Legion News, Sejak Viral Video rapat virtual, Rabu 1 Juli 2020 lalu, yang beredar luas di masyarakat melalui media sosial dan legion news memberitakan perihal kabar  bocornya video rapat virtual tersebut yang viral.

Sebagai media investigasi Legion news mencoba mempelajari beberapa rekam jejak digital didunia maya, hasil yang didapatkan adanya satu aplikasi Made With KineMaster yang digunakan untuk menghasilkan rekaman video.

Mengenal KineMaster

KineMaster merupakan aplikasi mobile yang secara khusus dirancang untuk membantu pengguna Android dan iOS untuk memodivikasi video dari video biasa menjadi video yang lebih menarik. KineMaster sendiri diluncurkan oleh sebuah perusahaan yang cukup besar bernama NexStreaming, bermarkas di Seoul, Korea dan memiliki beberapa cabang di seluruh dunia, seperti di Amerika Serikat, Spanyol, Tiongkok dan Taiwan.

Advertisement

NexStreaming Corp terlibat dalam pengembangan perangkat lunak multimedia untuk perangkat seluler di Korea Selatan dan internasional. Perusahaan menawarkan NexPlayer SDK untuk aplikasi seluler, NexPlayer360 SDK untuk aplikasi video 360, NexPlayer untuk streaming HLS dengan perlindungan konten widevine, NexPlayerSTB SDK untuk Android TV dan set-top box; NexPlayer untuk Tizen.

NexStreaming juga menyediakan NexPlayer HTML5 untuk memutar dan streaming video di seluruh browser desktop dan seluler termasuk KineMaster, aplikasi edit video seluler profesional yang sedang kita review. NexStreaming Corp didirikan pada tahun 2002 dan KineMaster dilahirkan di tahun 2013 dengan angka pengguna mencapai jutaan orang di platform Android dan iOS.

Legion news mencoba menelusuri aplikasi KineMaster siapa saja yang sering menggunakan aplikasi tersebut di dinding media sosial miliknya.

Investigasi Legion news mencoba mempelajari akun media sosial milik Danni Pomanto, Nurdin Halid, Maqbul Halim, Wahab Tahir dan Risman Pasigai ke 5 politisi yang sedang melakukan rapat virtual  terbatas yang sifatnya privasi tersebut yang bocor ke publik dan menjadi pembicaraan publik seantero sulawesi selatan.

Rapat Virtual tersebut yang bisa melakukan perekaman serta menyebar luaskan ke publik hanya mereka berlima selaku pemengang paswor untuk masuk dalam suatu aplikasi menggunakan tehnologi virtual.

Diantara ke 5 politisi tersebut setelah dilakukan pencarian rekam jejak digital media sosialnya ditemukan salah satu diantara 5 diantara politisi di Sulawesi selatan yang ada di dalam video rapat virtual yang bocor sering menggunakan aplikasi KineMaster di akun media sosialnya (Instagram) dalam bentul video adalah akun Instagram (IG) official_mrismanpasigai.

Sejak diberitakan (1/7) tidak adanya pihak yang bertanggung-jawab mengaku melakukan penyebaran video rapat virtual maka, legion news mencoba melakukan pendalaman investigasi diantara ke 5 politisi tersebut, siapa yang melakukan perekaman di antara ke 5 orang politisi yang memilik paswor masuk dalam rapat virtual tersebut.

Legion news mempersilahkan pihak yang merasa disebut akun Instagramnya melakukan langkah-langkah klarifikasi pemberitaan dan pembaca setia legion news dapat mengakases ataupun berselancar di akun Instagram (IG) official_mrismanpasigai, untuk mengecek apakah dalam video-video yang di hasilkan menggunakan aplikasi KineMaster. (adm)

Berikut deretan hasil screenshoot pada dinding akun Instagram (IG) official_mrismanpasigai sering menggunakan aplikasi KineMaster

 

Berikut deretan hasil screenshoot rekaman Video Rapat Virtual menggunakan aplikasi KineMaster

Video Rapat Virtual Nampak Aplikasi KineMaster
Rapat Video Virtual Menggunakan direkam menggunakan Aplikasi KineMaster

Advertisement